WE COLOR THIS UNIVERSE

Make everything possible with creative Mind.

Esquire (Indonesia) - - Insight - Teks: Safrie effendi

pendapat seorang awam tentang seniman hanyalah soal lukisan atau karya gambar. Pendapat tersebut seringkali menjadi dogma yang tertanam sejak dahulu. Seniman adalah seseorang yang memiliki kemampuan artistik. Kemampuan inilah yang merupakan sebuah anugerah untuk jiwa. Anugerah tersebut bermacam-macam selain dari menuangkan cat ke sebuah kanvas. Definisi seni bagi saya adalah sebuah bentuk komunikasi, bahasa visual, dan ekspresi.

Sejak awal eksistensi manusia

Mengingat kemampuan artistik seseorang, seniman bukan hanya sebatas pelukis dan penggambar. Bagi saya, dia adalah seseorang yang memiliki talenta artistik menggunakan media yang dia tekuni.

gua, cara berkomunikasi mereka adalah melalui gambar. Lukisan tersebut menceritakan aktivitas berburu, tanammenanam, dan berkegiatan sosial. Hal ini menyederhanakan manusia untuk berkomunikasi sebelum ‘bahasa’ itu sendiri tercipta. Gambar dan lukisan di dinding merupakan sebuah pesan artistik untuk memahami sebuah konsep kegiatan.

Generasi manusia berikutnya mempertahankan metode gambar ini dan memperluasnya untuk melestarikan tradisi tersebut tetap hidup. Bangsa Mesir dan Maya misalnya menggunakan seni ini dengan menggunakan simbol-simbol untuk menceritakan kisah dan keyakinan mereka antara dewa dan manusia dan antar manusia dan sekelilingnya. Apa yang mereka lakukan adalah menyampaikan pesan melalui hieroglif. Hieroglif adalah bentuk tulisan atau simbol paling pintar yang ditampilkan secara artistik sebagai bentuk komunikasi. Hieroglif Mesir dan Maya ditujukkan untuk dinikmati sebagai lukisan. Simbol-simbol tersebut juga merupakan sebuah cerita untuk dipahami.

Masing-masing budaya memiliki cerita khusus dengan pesannya tersendiri. Di dunia modern sekarang pun, banyak seniman yang mengekspresikan pesannya dengan teknik yang cukup serupa dengan sejarah-sejarah manusia gua, Mesir, dan Maya. Contohnya, Bansky. Dia adalah street artist dari Inggris yang berkarya dengan stencil art, graffiti art melalui gambar dan simbol yang sangat berpolitik. Secara tidak langsung, pesan dan komunikasi yang diutarakannya rebel karena melawan otoritas dan institusi setempat.

Di negeri sendiri, seniman yang memiliki visi dan misi seperti Banksy adalah Bombdalove dan Media Legal. Bombdalove, kebetulan sahabat saya, akrab dipanggil Andi. Dia melakukan seni bomb dengan tema cinta di medium tembok, di Jakarta hingga luar kota. Dia melakukan graffiti dan menempelkan sticker dengan desain atau simbol hati. Pesan besar yang disampaikan Andi adalah bagaimana manusia harus hidup saling membaur satu dengan yang lain dan saling mencintai walau berbeda suku dan agama. Cinta menurut Andi bukan hanya perasaan terhadap pasangan, namun juga terhadap keluarga, pekerjaan, dan hobi. Sebaliknya, Media Legal mengekspresikan karyanya tentang permasalahan kehidupan dan sosial. Keduanya menggunakan simbol, desain, dan image demi menyampaikan pesan dan kesan khusus. Kedua seniman ini adalah contoh graffiti

artist atau street artist yang mewarnai kota dengan gambar-gambar yang menarik dan konseptual. Sekarang, perkembangan dunia seni ini pun mulai mengglobal. Banyak tempat seperti restoran, hotel, club, dan bar menggunakan karya tersebut untuk memberikan nilai lebih. Karya tersebut menjadi suatu daya tarik yang memukau untuk dinikmati semua kalangan. Suatu saat

pun, seni mural tersebut bisa memberikan inspirasi tertentu seperti membuka jalan untuk otak kanan dan memberikan kemampuan artistik kepada orang lain.

Mengingat kemampuan artistik seseorang, seniman bukan hanya sebatas pelukis dan penggambar. Bagi saya, dia adalah seseorang yang memiliki talenta artistik menggunakan media yang dia tekuni. Baik dia sebagai koki, musisi, arsitektur, ataupun seorang pengusaha, dia adalah orang yang mampu bereksplorasi dan berfikir secara kreatif dan artistik. Dia, yang imajinatif ini dapat mengkreasikan hal-hal menarik. Seperti Leanardo Da vinci dan Michelangelo yang tidak hanya seniman tetapi juga pemahat, inventor, dan artpreneur pada masanya.

Menjadi seorang seniman, tidak saja terbatas membuat lukisan tetapi juga bisa berseni dalam menjalani hidup dan memberikan kreativitas untuk menginspirasi dunia. Seniman berimajinasi dan menuangkannya ke dalam bentuk sketsa-sketsa, yang nantinya akan dieksekusi menjadi suatu karya lukisan ataupun patung. Bagi saya, memiliki bakat artistik adalah suatu anugerah yang bisa membuat hidup lebih menarik dan bisa memberikan pesan-pesan tertentu dan berkomunikasi secara artistik. Di sinilah, seni berperan sebagai bahasa, bahasa penyatu yang universal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.