BLAST THE POWER!

Latihan pendongkrak kekuatan dan kecepatan tubuh.

Esquire (Indonesia) - - Man At His Best -

Pliometrik menjadi salah satu jenis latihan favorit yang banyak dilakukan atlet yang membutuhkan daya ledak otot tungkai, kaki, dan otot lengan. Teknik ini menggunakan gerakan-gerakan eksplosif untuk mengembangkan kekuatan otot, yaitu kemampuan otot untuk menghasilkan sejumlah gaya yang besar secara cepat. alasan mengapa teknik ini merupakan salah satu jenis latihan yang banyak dilakukan oleh para atlet adalah karena pliometrik dapat membantu para atlet untuk mengeluarkan kekuatan otot lebih besar tanpa mengeluarkan tenaga yang besar. Berikut beberapa gerakan yang termasuk dalam latihan pliometrik yang dapat anda masukkan dalam rutinitas latihan.

BOX JUMP

Berdiri dengan posisi kaki selebar bahu di belakang kotak tinggi. Jongkok sambil terus-menerus menggoyang kedua lengan untuk menghasilkan kecepatan dan tenaga. Goyangkan kedua lengan dengan entakan ke depan dan loncat ke arah kotak. Mendarat dengan ringan dengan kaki terentang selebar bahu. lalu berdiri tegak pada kotak. lakukan gerakan ini sebanyak 12 kali dalam 3 repetisi.

JUMPING PUSH UP

Ambil posisi push up. pastikan tubuh membentuk formasi garis lurus dari engkel hingga kepala. Rendahkan tubuh dengan menekuk siku hingga dada nyaris menyentuh lantai. Tahan, dorong kembali tubuh bagian atas dengan tangan menyerupai lompatan namun kaki tetap pada posisi di lantai. lakukan gerakan ini sebanyak 12 kali dalam 3 repetisi.

FEET DRILLS

selain meningkatkan kekuatan otot

kaki, latihan ini juga meningkatkan kegesitan, kelincahan dan kecepatan gerak. lakukan gerakan berlari ke samping atau ke depan dengan memanfaatkan bentuk kotak menyerupai tangga. Gunakan langkah cepat pada setiap kotak dengan berganti kaki di setiap kotak selanjutnya. lakukan gerakan ini secepat yang anda bisa selama 1 menit dalam 3 repetisi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.