Ethical Shopping

Esquire (Indonesia) - - This Way Out -

Kampanye belanja fashion secara beretika tengah gencar digaungkan. belanja tidak lagi sebatas Kegiatan foya-foya, melainkan bentuk Kepedulian terhadap Kualitas hidup yang berkelanjutan. tidakkah anda tergugah untuk mendukungnya?

1. UBAH POLA PIKIR BELANJA

Jika selama ini Anda berbelanja karena alasan ‘ingin ini ingin itu’, maka ubahlah ke prinsip investasi dalam bergaya. Anda tidak dilarang untuk bersikap impulsif, namun lebih baik menguranginya secara bertahap, misalnya hanya berbelanja sebulan sekali.

2. RISET SEBELUM BELANJA

Cobalah cek di internet, label mana saja yang mendukung kampanye belanja fashion yang beretika. Beberapa contoh label beretika antara lain Nudie Jeans, Patagonia, People Tree, dan beberapa lini khusus dari brand besar yang harganya agak sedikit lebih mahal.

3. BELANJA PAKAIAN BEKAS

Mengapa tidak? Jika Anda jeli, Anda akan menemukan item fashion unik dan bergaya yang sayang dilewatkan. Selain harga bersahabat, eksklusivitas juga menjadi ciri khas pakaian bekas.

4. KETAHUI UKURAN TUBUH ANDA

Penting untuk mengetahui ukuran pasti seluruh bagian tubuh, mulai dari badan untuk atasan, lingkar pinggang untuk bawahan, hingga ukuran alas kaki. Selain mengurangi risiko tidak terpakai, dengan membeli item fashion yang berukuran sesuai dengan tubuh Anda, maka Anda telah menerapkan investasi gaya yang benar.

5. MERAWAT PAKAIAN DENGAN BAIK

Intinya, semakin tahan lama dan terjaga kualitas pakaian yang Anda kenakan, maka secara tidak langsung mendukung kampanye fashion beretika.

6. MEMPERBAIKI PAKAIAN RUSAK

Ketika pakaian Anda rusak, entah ritsleting macet atau kancing lepas, sebaiknya tidak menjadi alasan untuk membuangnya. Perbaikilah di penjahit terdekat selama item fashion tersebut memang masih layak pakai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.