BREAKING The Boundaries

DARI BERINTERAKSI DENGAN ALAM LIAR HINGGA MENAKLUKKAN KELEMAHAN DALAM DIRI SENDIRI. TUJUH PRIA PETUALANG BERIKUT BERBAGI PENGALAMANNYA DALAM MENGGELUTI BERBAGAI AKTIVITAS LUAR RUANG.

Esquire (Indonesia) - - Daftar Isi - • Teks : Rizal adiputra, kenia agha, dicky zulkarnain • Foto: Richard gartodus, hadi cahyono • stylist: Bayu segara

Dari berinteraksi dengan alam liar hingga menaklukkan kelemahan dalam diri sendiri. Tujuh pria petualang berikut berbagi pengalamannya dalam menggeluti berbagai aktivitas luar ruang.

sebagai seseorang yang gemar

berinteraksi dengan alam, kita harus punya sikap berani, selalu siap dengan risiko yang bisa saja terjadi dari olahraga ekstrem yang gemar dijalani. Kita juga harus bisa lebih teliti, karena aktivitas ini berhubungan dengan nyawa sehingga harus selalu memeriksa kondisi kondisi alat-alat yang dipakai. Dan yang paling penting, kita juga tidak boleh mudah panik.

tidak pernah ada momen diving yang sama dari satu tempat dengan tempat yang lain, karena bukan kita yang mengatur kondisi lingkungannya. Jadi, saya selalu merasakan hal yang baru. Atau saat diving di tempat yang sama dalam waktu yang berbeda, kita bisa menemukan sesuatu yang berbeda disebabkan kondisi arus, cuaca, atau hewan-hewan yang ditemui. Saya juga selalu merasa bebas jika sedang

diving di alam bawah laut.

Dampak positif yang saya rasakan dari hobi diving ini adalah tubuh bertambah bugar dan saya merasa awet muda. Aktivitas ini memang memungkinkan kulit kita terpapar dengan zat oksigen murni. Diving yang memberikan kita kesempatan untuk menikmati keindahan alam juga membuat kita terbebas dari stres.

Ada beberapa perlengkapan yang wajib disiapkan untuk diving. Mask berfungsi untuk menjaga jarak pandang di dalam air, snorkel (untuk snorkling), juga ada BCD

(Buoyancy Control Device) untuk mengatur daya apung. BCD juga tersambung dengan regulator, yang fungsinya menghubungkan udara dari tabung dengan mulut, melihat kedalaman, dan melihat sisa udara dalam tabung. Fins berguna untuk membantuk berenang di dalam air. Sedangkan wetsuit berfungsi untuk menjaga panas tubuh di dalam laut. Ada juga tabung serta pemberatnya.

Dulu, saya cukup intovert dan kurang suka berinteraksi dengan lingkungan sosial. Tapi kalau sedang melakukan ekspedisi untuk diving, mau tidak mau akan bertemu dengan banyak orang dan saling berbagi cerita terhadap satu sama lain. Dari diving juga saya belajar untuk menjadi pribadi yang gemar menyiapkan segalanya lebih baik.

target berikutnya yang berhubungan dengan diving untuk segera direalisasikan adalah kembali ke Banda Neira. Pengalaman diving yang saya dapatkan di sana benar-benar berkesan. Selain diving, di sana saya juga bisa melakukan hiking, diving dan belajar banyak tentang budaya dan sejarah daerah setempat. Saya juga ingin lebih sering jalan-jalan mengeksplorasi Indonesia lebih jauh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.