BUSINESS REFINEMENT

Menghadapi pengaruh politik dalam perusahaan.

Esquire (Indonesia) - - Man At His Best -

Mempertimbangkan risiko politik dan pengaruhnya dalam berbisnis sangatlah penting bagi perusahaan. politik patut dipertimbangkan karena perubahan dalam suatu tindakan maupun kebijakan politik di suatu negara, dapat menimbulkan dampak besar pada sektor keuangan dan perekonomian negara tersebut. Risiko politik umumnya berkaitan erat dengan pemerintahan serta situasi politik dan keamanan di suatu negara. Faktorfaktor tersebut menentukan kelancaran berlangsungnya suatu bisnis. Oleh karena itu, jika situasi politik mendukung, maka bisnis secara umum akan berjalan dengan lancar. di pasar saham, situasi politik yang kondusif akan membuat harga saham naik. Sebaliknya, jika situasi politik tidak menentu, maka akan menimbulkan unsur ketidakpastian dalam bisnis.

Jika menyoal soal konteks ini, kinerja sistem ekonomi-politik sudah berinteraksi satu sama lain, sebagai contoh, imf dan Bank dunia, atau bahkan para investor asing yang mempertimbangkan peristiwa politik nasional dan lebih merefleksikan kompromi-kompromi antara kekuatan politik nasional dengan kekuatan-kekuatan internasional. pembentukan pola bisnis juga senantiasa terkait erat dengan politik. Budaya politik merupakan sikap yang memberikan pengaruh terhadap kebijakan dan administrasi publik di suatu negara, termasuk di dalamnya pola yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi atau perilaku bisnis.

Terdapat pula politik yang dirancang untuk menjauhkan campur tangan pemerintah dalam bidang bisnis. Sistemnya disebut sistem liberal dan politiknya demokratis. ada politik yang bersifat intervensionis secara penuh dengan dukungan pemerintahan yang bersih. ada pula politik yang cenderung mengarahkan agar pemerintah terlibat atau ikut campur tangan dalam bidang ekonomi bisnis. Seperti yang kita ketahui, indonesia lebih mengacu pada pola terakhir, yakni pemerintah terlibat atau turut campur tangan dalam bisnis.

dalam suasana sekarang yang penuh ketidakpastian politik dan ekonomi, ada semacam peluang untuk mengatasi hubungan antara pemerintah dan bisnis melalui pembagian kekuasaan, strategi pembangunan menurut sektor-sektor yang sebaiknya diurus para pengusaha swasta atau negara, dan seterusnya. Selain itu, diperlukan juga semacam ideologi dan program tentang peranan bisnis, harapannya, dan tanggung jawabnya pada masyarakat, tentang hak dan kewajiban yang bersangkutan dengan penegakkan etika bisnis dan sejenisnya.

Bisnis tidak bisa lepas dari peraturan dan kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah di suatu negara. aturan tersebut harus ditaati dan dijalankan demi kelangsungan usaha, untuk itu manajer harus mampu memahami situasi dan kondisi politik dan harus ikut serta aktif dalam proses kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. mereka harus memastikan ikut terlibat langsung untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam mengambil keputusan.

“Rahasia bisnis adalah mengetahui sesuatu yang tidak diketahui orang lain.” –Aristoteles onassis, pebisnis–

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.