PANDJI PRAGIWAKSONO

FHM (Indonesia) - - Lessons From 2016 -

“Ini seperti super power saya. Tapi saya juga harus bertanggung jawab atas anugerah ini. Saya harus melakukan sesuatu yang positif dengan kelebihan saya. Bisa saja kan saya menggunakan kemampuan melucu saya untuk meniduri sebanyak-banyaknya perempuan.” Selain membuat perubahan positif lewat jalur standup comedy, di Juru Bicara world tour, Pandji mengajak anak muda untuk lebih peduli akan tanah air. Diakuinya juga, menjadi standup comedian merupakan sebuah profesi yang menjanjikan, dan ia memberikan kami 5 tips bagaimana menjadi seorang stand-up comedian yang baik:

”Kalau mau menulis materi stand-up comedy mulailah dari pengalaman hidup saja. Misalnya umur Anda 21 tahun, maka Anda punya 10 hingga 15 tahun pengalaman hidup. Masa tidak ada yang lucu sih dari situ?”

”Jangan takut menaruh target dalam materi stand-up comedy Anda. Selalu ada yang ditertawakan. Bohong kalau ada orang yang bilang ada komedi yang tidak menertawakan orang lain. Kita menertawakan Tom & Jerry karena Tom selalu jadi korban.”

”Jangan nekat ke atas panggung dan langsung melontarkan lelucon di luar kepala. Materi stand-up comedy itu selalu ditulis terlebih dahulu dan dipelajari berkali-kali.”

”Disiplin. Sama seperti hal lainnya, Anda harus mengembangkan materi stand-up comedy Anda.”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.