Menangani Sakit Lutut

Meskipun jenis penyakit ini sangat umum, bukan berarti Anda harus merasakannya setiap saat.

FHM (Indonesia) - - Contents -

Trik untuk menangani sakit lutut ketika Anda ingin tetap bugar dan berolahraga setiap hari.

Kami yakin setiap orang pernah mengalami penyakit lutut. Baik itu yang ringan sampai yang paling akut, tentu saja penyakit umum ini sangat menjengkelkan. Apalagi ketika Anda harus melakukan kegiatan yang melibatkan fisik, tentu akan membuat mood menjadi hancur dan berantakan. Salah satu alasan mengapa penyakit lutut paling sering terjadi karena fungsi lutut itu sendiri yang mempunyai tugas berat, yaitu menahan seperempat bagian tubuh. Meskipun sakit lutut merupakan jenis penyakit yang umum, bukan berarti Anda harus menjalaninya setiap hari. Selama Anda tahu bagaimana cara mengelolanya, rasa sakit ini bisa disembuhkan.

1. Kurangi Beban anda

Hal paling pertama yang harus Anda lakukan ketika sakit lutut melanda adalah mengurangi beban yang dibawa. Entah itu tas, ataupun alat olahraga apapun yang berhubungan dengan bawaan sehari-hari harus dikurangi. Tidak hanya itu, misalkan Anda sedang berlari dan target yang dicapai adalah menempuh 3 kilometer, jarak tersebut harus dikurangi setengahnya untuk menghindari overtrain yang bisa semakin menyiksa lutut Anda.

2. tingkatkan Keseimbangan

Jika Anda kesulitan berdiri dengan satu kaki tanpa bergoyang-goyang, kemungkinan tubuh Anda sudah terlalu terbiasa dengan cara kerja otot yang individual. Cara sederhana yang bisa membuat Anda terhindar dari penyakit lutut adalah melakukan gerakan berdiri satu kaki meggunakan kaki yang tidak dominan. Selain membuat saraf otak semakin baik, otot akan semakin terbiasa melakukan kontraksi yang tidak monoton.

3. Berikan lutut anda asupan c

Ilmuwan Australia menemukan bahwa vitamin C yang ditemukan dalam paprika, kiwi, tomat, dan jeruk, dapat mengurangi serta melindungi lutut Anda dari rasa sakit dan nyeri. Periset meneliti 293 orang setengah baya yang bebas dari penyakit lutut. Setelah sepuluh tahun, jaringan lutut mereka dinilai dengan MRI. Mereka yang jarang mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi cenderung mengalami degenerasi tulang.

4. mengubah jenis latihan

Ketika nyeri lutut menyerang dan mengganggu olahraga Anda, segera mungkin untuk mengganti jenis latihan. Apabila bermain tenis merupakan hobi, dan sakit lutut malah membuat setiap gerakan semakin menyakitkan, mungkin Anda harus segera berhenti dan berganti olahraga lain. Apapun yang Anda lakukan jangan menyerah untuk tetap melakukan aktivitas hidup sehat. Cukup hindari apapun yang menyebabkan rasa sakit lutut tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.