LETTER from editor

MENULIS

HAI - - EDITORIAL - @danie_satrio

Percaya atau nggak, nulis editorial macam ini bukan perkara mudah. Setidaknya buat saya. Butuh puasa dan tapa alias meditasi sekitar tiga hari tiga malam setengah buat bikin tulisan setengah – kadang seperempat – halaman ini. Lebay, ya? Emang. Susah sih, tapi nggak sampai harus puasa apalagi tapa segala kok. Paling bolak balik undo, delete, atau sekalian open new window. Nulis yang baru. Itu juga paling lama seharian doang sih. Apes-apesnya ditinggal makan atau meeting dulu barang sebentar, lalu dilanjut lagi. Kalau sudah benar-benar mentok, ya dibawa pulang, bikin di rumah. Apapun, supaya kucuran ide tetap mengalir. Saya yakin, penulis atau editor lain punya caranya masing-masing buat menghindari kebuntuan penulisan. Tapi intinya tetap sama, nggak stuck dengan hanya satu jurus.

Itu baru nulis beginian saja kesannya sudah ribet ya. Apalagi nulis cerita hidup? Tsah.

Eh tapi beneran lho. Kalau hidup kita itu ibarat buku, pernah mikirin nggak, bakalan ditulis dengan cerita macam apa nantinya? Menarik atau datar-datar saja? Seru penuh petualangan atau hanya cinta-cintaan belaka? Drama romantis atau drama komedi? Atau justru aksi laga kepahlawanan? Atau jangan-jangan, misteri menjurus horor? Waduh. Kalau yang terakhir sih, mudah-mudahan nggak ya. Beneran cuma menyenangkan ditonton atau dibaca ketimbang dijalani sendiri soalnya. Hehe.

Seperti layaknya cerita-cerita yang sering kita baca, dengar atau tonton, cerita yang mau kamu tuliskan di “buku kehidupan” ini, butuh riset dan penjelajahan. Butuh eksplorasi. Semakin dalam dan luas area riset dan eksplorasinya, biasanya bakalan semakin menarik cerita itu nanti. Bakal makin memikat, dan nggak terkesan sekedar asal tulis saja.

Eksplorasi. Itu intinya. Itu juga yang membuat kami di HAI sepakat buat mengusung Live! Dream! Explore! Sebagai kampanye kami setidaknya setahun ke depan. Dasarnya kami pengen mengajak kamu buat gencar bereksplorasi. Eksplorasi minat, bakat, diri sendiri. Buat apa hidup dan punya mimpi, tapi nggak dijajaki buat diwujudkan? Pengennya kami sih, kamu ikutan. Supaya pas dibaca lagi nantinya cerita hidup kamu nggak gitu-gitu aja. Mau? PS: Oh ya. Selamat Tahun Baru 2016 ya! Buat yang merayakan, selamat Natal juga! Semoga segala kebaikan dan cerita menarik serta menyenangkan bakalan selalu menghiasi hidup kita di tahun-tahun ke depan!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.