+

HAI - - GENERASI HIP HOP DIGITAL - WRITER SERUNI

Ketika mendengar nama Soekarno, kita pasti langsung mengingat beliau sebagai Presiden pertama Republik Indonesia. Kita juga mengenal Soekarno sebagai sang proklamator. Dan, salah satu quote yang melekat ialah “Berikan aku 1000 orang tua, maka aku akan cabut gunung semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda yang cinta tanah air maka akan kuguncang dunia”.

Kita tahu itu semua, tapi mungkin ada yang sempat kita lewatkan, yaitu cerita tentang masa muda pria kelahiran Surabaya, 6 Juni 1901 yang lahir dengan nama Koesno Sosrodiharjo. Pasti lo nggak tau kan? Gimana Soekarno di sekolah? Cinta pertamanya? Dan bagaimana dia menarik perhatian gadis Belanda?

Bung Karno muda, nggak jauh beda sama kita kok yang bandel dan doyan berantem. Biarpun begitu, dia nggak dimusuhi sama teman-temannya, ia justru dipandang sebagai sosok yang memiliki pribadi kuat oleh mereka, karena dianggap berani. Itulah kenapa dia selalu dijadikan pemimpin oleh teman-temannya dalam banyak hal. Kerennya lagi, teman-teman yang usianya lebih tua, nggak segan-segan ikutan jadi pengikutnya. Bahkan, jiwa pemimpin ini sudah ada sejak dia berusia 10 tahun. Nah, coba bayangin tuh?

Sosoknya yang berkharisma dengan jiwa kepemimpinannya ini jadi modal untuk menarik perhatian cewek-cewek. Nggak tanggungtanggung, yang meliriknya adalah gadis-gadis Belanda. Itulah yang dijadikan “senjata” untuk menunjukkan kalau pemuda pribumi nggak kalah keren ketimbang pemuda Belanda. Kharismanya pun berbuah manis. Seorang gadis Belanda berhasil digandeng menjadi kekasihnya. Terus?? Ceritanya sampai di sini aja ya. Kok nanggung? Biarin aja. Soalnya lo harus balik halaman berikutnya. HAI punya tentang cerita masa muda Soekarno yang seru dan nggak bakal bikin mata ngantuk. Soalnya cerita yang dirangkum dari buku Bung Karno Masa Muda, sudah HAI kemas dalam bentuk komik. Jadi, balik halamannya dan lo bakalan tahu masa muda Bung Karno yang selama ini belum banyak diceritakan oleh banyak orang. Kalau udah baca, jangan lupa ya ceritain ke teman-teman, saudara, gebetan dan pacar lo ya. Selamat membaca!

Hasil wawancara wartawan, S. Saiful Rahim dengan Ibu Wardoyo, kakak kandung Bung Karno

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.