The Naked Truth

Fakta-fakta menarik di balik pembuatan jam tangan dan sejarah Omega.

Harper's Bazaar (Indonesia) - - Highlights -

Manufaktur Omega di Villeret yang baru dibuka pada 2013 silam merupakan lokasi movement jam tangan Omega memulai ‘kehidupannya’, yaitu momen ketika balance spring mulai beroperasi. Lokasi ini secara tidak langsung merupakan tempat kelahiran Co-axial calibres.

Material keramik bersifat enam kali lebih keras dibandingkan baja. Dengan karakteristik anti gores dan tahan luntur, keramik sangat sesuai untuk menjadi kerangka dasar jam tangan yang kuat. Seri Speedmaster “Dark Side of the Moon” adalah yang pertama menggunakan casebody yang seutuhnya terbuat dari keramik.

Asal mula racing dial pada Omega berasal dari dirilisnya Speedmaster langka tahun 1968 yang memiliki minute-track. Jam tangan bergaya “racing” tersebut kemudian menggunakan jarum oranye dan penanda menit bicolor agar mudah untuk dibaca saat aktivitas di udara maupun saat melaju di trek balap.

Sebuah ruangan bernama The Technospace di Villeret merupakan tempat yang memamerkan sejumlah inovasi Omega. Anda dapat menyaksikan proses pembuatan movement anti magnet, hingga proses pembentukan material modern dalam bentuk rangkuman video serta alat peraga. Hadir pula demonstrasi interaktif mengenai pengaruh medan magnet pada jam tangan, dan gagasan Omega untuk menangkalnya.

Master Chronometer adalah standar tertinggi industri jam tangan di Swiss akan kepresisian, performa, dan resistansi terhadap medan magnet sekuat 15.000 gauss. Terdapat delapan kriteria yang harus disetujui oleh METAS (Swiss Federal Institute of Metrology).

Istilah Co-axial movement merujuk pada alat pengatur gerakan jam yang dimulai tahun 1999. Mekanismenya melibatkan kontak antar permukaan yang lebih sedikit sehingga tingkat gesekan dan pelumas pun turut berkurang, membuatnya lebih dapat diandalkan dibandingkan movement tradisional. Di samping itu, Co-axial merupakan desain baru escapement yang pertama kali muncul setelah 250 tahun lamanya, dan menjadi batu loncatan dalam bidang pembuatan jam tangan.

Pemeriksaan pengaruh medan magnet pada jam tangan Salah satu kriteria uji coba METAS untuk produk master chronometer.

Interior manufaktur Omega di Villeret

Co-axial movement.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.