Jurnal Bugar

Bagi yang mengaku seorang HEALTH-CONSCIOUS, Anda perlu mencoba beragam kelas terbaru lansiran pusat kebugaran dari berbagai dunia berikut ini. Oleh Ardani Sesotyasari & Erica Arifianda

Harper's Bazaar (Indonesia) - - Highlights -

AQUACYCLING

TRIBECA STUDIO, NEW YORK Adanya kejenuhan terhadap latihan renang membuat Aquacycling seolah menjadi opsi baru bagi para pemuja kesehatan. Olahraga ini memanfaatkan kolaborasi sepeda dan air guna membakar energi yang diklaim dapat mencapai 800 kalori dalam sekali latihan. Apalagi tubuh manusia pada dasarnya mengandung 60% air, sehingga dalam latihan ini keduanya bersinergi untuk memulihkan kesehatan tubuh dan pikiran. Target yang dicapai tak hanya untuk memperbaiki siluet tubuh, namun juga efisien dalam menjaga kesehatan, struktur tulang, massa otot, mereduksi selulit, memperlancar peredaran darah, hingga meningkatkan ketahanan kardiovaskular. Saat kelas berlangsung, suhu air dan ruangan juga disesuaikan agar Anda merasa hangat serta nyaman selama latihan. MENU LATIHAN: Mantra Flow DURASI: 45 Menit Olahraga ini merupakan perpaduan antara latihan ketahanan, meditasi, dan metode penyembuhan tubuh juga pikiran. Sesinya terdiri dari pemanasan, jump set, arm set, sprint, dan flying. Selama latihan bersepeda di dalam air, Anda akan diiringi musik yang seolah memberi mantra menenangkan sekaligus berenergi.

FLOATFIT

HAYMARKET HOTEL, LONDON Kelas olahraga ini menekankan pada latihan di atas air. Namun Anda tidak perlu masuk ke dalam kolam renang, karena latihan dilakukan di atas matras apung bernama Aquabase. Platform berbentuk serupa matras yoga berukuran 220 cm x 90 cm tersebut merupakan alat dengan kemampuan membuat tubuh lebih fleksibel dan stabil, juga membantu otot menjadi lebih kuat. Tidak perlu khawatir, Aquabase dapat menahan bobot tubuh hingga 160 kg dan didesain secara cermat untuk menjaga keseimbangan. MENU LATIHAN: Floatfit HIIT (High Intensity Interval Training) DURASI: 30 menit Rangkaian latihan ini memadukan beberapa gerakan seperti burpee, lunge, squat, aquaclimber, dan V-sit. Jika Anda ingin latihan yang minim kardio, pilih kelas Floatfit Yoga yang menggunakan jenis yoga Vinyasa. Latihan selama 30 menit ini menggabungkan pengaturan pernapasan serta gerakan untuk menyehatkan tubuh serta pikiran.

TWERKFIT®

STUDIO TWERK IT OUT, NEW ZEALAND Bila mengingat jenis musik di era 1980-an, terekam jelas beragam tarian yang mengandalkan gerakan di area pinggul. Apalagi belakangan ini tarian tersebut populer lagi ketika dibawakan kembali oleh Nicky Minaj, iggy Azalea, dan Beyonce. Namun satu gerakan tak terlupakan yang dijuluki ‘twerking’ menjadi sangat viral berkat video musik We Can’t Stop dari Miley Cyrus. Konsep itulah yang akhirnya diusung oleh studio Twerk it Out di New zealand. MENU LATIHAN: Twerkfit® DURASI: 60 menit Kelas dansa ini sangat sempurna buat Anda yang ingin membentuk dan mengencangkan kaki dalam bentuk latihan kardio. Apalagi Anda akan diiringi dengan musik favorit, semisal RNB, hip hop, 40 lagu teratas, dan dancehall. Tentu saja rangkaian gerakannya diawali dengan pemanasan, stretching, kemudian tutorial ‘twerk’, kombinasi gerakan dansa, hingga pendinginan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah Anda sebaiknya menggunakan celana pendek longgar, supaya dapat melihat siluet pinggul serta menyaksikan potensi Anda dalam menciptakan gerakan ‘twerking’.

SANDBOX FITNESS

SHERMAN OAKS, CALIFORNIA pusat kebugaran yang terinspirasi dari pantai ini dibuat oleh David dan Minna Herskowitz pada tahun 2014. Menurut pengalaman mereka yang kerap berolahraga di pantai, latihan di atas pasir pantai ternyata tidak memiliki efek negatif terhadap persendian, mengingat beberapa gerakan yang dihentakkan di atas lantai keras memang kerap memicu cedera. Oleh karena itu diciptakanlah beberapa tempat latihan yang beralaskan pasir di luar maupun dalam ruangan, misalnya ruangan berpasir seluas 600 m2. Kelas yang tersedia meliputi latihan grup Hiit, TRX®, bootcamp, yoga, sampai penggunaan mesin surfing bernama Surfset®. MENU LATIHAN: Surfset® Barre DURASI: 45 menit Latihan ini menggunakan metode pilates yang menargetkan pada gerakan isometris guna membentuk otot dan menghancurkan lemak. Caranya adalah dengan memanfaatkan ketidakstabilan papan Surfset® dan resistensi natural dari hamparan pasir. Tubuh Anda akan lebih lean dan toned secara bertahap setelah rutin mengikuti kelas tersebut.

KANGOO JUMPS

CENTENNIAL HEALTH CLUB, SYDNEY Bayangkan Anda melakukan gerakan kanguru yang bergerak dengan cara melompat selama beberapa jam. Tentu rasanya seperti sedang berolahraga bukan? Konsep itulah yang dilakukan oleh sebuah klub kesehatan di Sydney yaitu Centennial. Olahraga Kangoo Jumps ini memerlukan sepasang sepatu boots yang beralaskan sol pegas di bagian bawahnya. Jika diperhatikan, sepatunya mirip inline skate dan dirancang dengan berbagai ukuran, serta dapat digunakan oleh individu berbobot lebih dari 90 kg. MENU LATIHAN: Kangoo Power DURASI: 60 menit program ini dilakukan secara berkelompok (grup) agar dapat saling memberi motivasi. gerakannya secara spesifik mampu menstimulasi pembentukan otot dan melatih kesehatan jantung serta paru-paru. Tiap gerakan dibuat fokus pada stabilitas inti pada tiap bagian tubuh, sehingga tak heran bila banyak benefit lain yang bisa diraih. Di antaranya, menyeimbangkan postur tubuh, mengelevasi produksi hormon endorphin, hingga memadatkan massa tulang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.