Romance Concierge

Seberapa jauh Anda akan mewujudkan momen proposal?

Harper's Bazaar Wedding Ideas (Indonesia) - - ISI -

Anda mungkin tak asing dengan lirik lagu Bee Gees yang sekaligus menjadi tajuk dari mega hit How deep is Your Love. Dan sekarang coba Anda tanyakan pertanyaan itu kepada diri sendiri, seberapa dalam rasa cinta terhadap pasangan Anda sampai memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan? Tapi ada beberapa langkah yang harus Anda lewati sebelum melangsungkan pernikahan, misalnya proposal. Bagi penganut budaya Timur yang konvensional, momen ini lebih dikenal sebagai lamaran atau pertunangan atau yang biasa disebut engagement day. Lamaran adalah ketika sang pria meminta izin kepada kedua orangtua dari pihak wanita untuk menikahi putrinya. Sedangkan proposal yang dimaksud di sini adalah ritual yang diimpor dari budaya Barat ketika sang pria berlutut dan menyatakan cinta sambil menanyakan “will you marry me?s” Walaupun memiliki konsep yang sama, keduanya memiliki teknis pelaksanaan yang berbeda. Maka yang ingin Bazaar sajikan kali ini adalah bagaimana menerjemahkan luapan rasa sayang itu ke dalam bentuk sebuah proposal yang menakjubkan.

Uniknya di beberapa bagian dunia ini proposal sudah berkembang layaknya sebuah industri, walau tak sebesar pernikahan. Terimakasih kepada Hollywood yang mengimplan

Sang pria berlutut dan menyatakan cinta sambil menanyakan, “WILL YOU MARRY ME?”

momen proposal yang begitu indah hingga setiap wanita (entah dari Barat maupun tradisi Timur) bermimpi untuk merasakannya. Sebut saja penggalan adegan dari Love Actually ketika Jamie (colin Firth) yang sengaja belajar bahasa Portugis demi melamar gadis pujaannya, Aurélia (Lúcia Moniz). Lalu ketika robbie (Adam Sandler) melamar Julia di film Wedding Singer, lewat lagu yang kemudian menjadi track wajib untuk pesta pernikahan hingga hari ini, Grow Old with You. Atau satu adegan paling romantis dari film When Harry Met Sally yang diperankan oleh Billy crystal dan Meg ryan. Harry akhirnya berkata, “When you realize you want to spend the rest of your life with somebody, you want the rest of your life to start as soon as possible.”

Jadi ada banyak cara untuk mengutarakan pertanyaan itu, begitu juga cara untuk melakukannya. Anggap saja menaruh cincin di dalam gelas champagne dengan setting makan malam romantis termasuk metode yang cukup aman alias 'tradisional'. Tapi kini sudah banyak agen wisata yang menawarkan paket pelesir khusus untuk proposal ke destinasi super romantis lengkap dengan berbagai jenis ide proposal yang dapat di personalisasi. karena banyak orang yang ingin lebih dari sekadar reservasi restoran di kota tempat mereka tinggal, mereka ingin sentuhan lebih spesial lewat pilihan-pilihan tempat yang lebih istimewa. Sedangkan untuk personalisasi maksudnya adalah memberikan elemen yang menjadi refleksi kepribadian kedua pasangan ataupun hubungan keduanya.

Seperti misalnya rocky dan Felicia yang keduanya merupakan penggemar berat olahraga baseball dan momen proposal itu terjadi saat Felicia diajak liburan bersama keluarga rocky ke Amerika Serikat. kisah ini cukup mengingatkan kita pada wedding proposal kanye West dan kim kardashian yang terjadi di stadion baseball San Francisco Giants. Bedanya, rocky melamar Felicia di Fenway Park, sebuah baseball stadium di Boston, Amerika Serikat. keduanya memang pertama kali bertemu saat masih kuliah di sana, dan kencan pertama mereka adalah pergi menonton pertandingan baseball. Jadi yang rocky lakukan adalah menaruh cincin tunangan di tempat duduk yang akan ditempati Felicia, dan di jeda antar babak rocky mencetuskan pertanyaan itu. Berikutnya Belinda yang awalnya mengira bahwa kepergiannya ke Bali hanya sekadar liburan keluarga. Padahal Wyll sudah 'dipenjara' di resort yang sama selama dua hari dan menunggu momen yang sudah dipersiapkannya sejak awal. Hingga pada suatu sore Belinda akhirnya datang ke pantai (yang ternyata sudah ditutup untuk umum) lalu disambut dengan dekorasi bersifat elemen nostalgia. Pertama adalah suasana Malibu, tempat mereka pertama kali bertemu, kemudian menuju ke sebuah pojok yang berisi foto-foto memori keduanya selama berpacaran. Di akhir perjalanan, Wyll ternyata sudah menunggu, sambil berlutut dan meminta untuk menikah dengannya.

Namun, selain membawa atau dibawa pasangan Anda ke destinasi paling eksotis di dunia, sebenarnya masih banyak ide lain yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan momen istimewa ini. karena esensi dari sebuah proposal bukan hanya dinilai dari seberapa lavish-nya. kadang sesuatu yang lebih simpel tetap memiliki elemen kejutan yang tak terlupakan. Misalnya menyiapkan ratusan tangkai mawar di sebuah tempat ramai dan meminta setiap orang untuk memberikan mawar tersebut kepada pasangan Anda. Atau cukup dengan permainan treasure hunter, dengan sebuah kotak cincin sebagai harta karunnya. Bisa juga menobatkan satu kota yang paling sentimental bagi Anda dan pasangan, lalu lakukan permainan bagai sebuah episode Amazing Race. Dari setiap pemberhentian yang nantinya akan disinggahi, siapkan catatan romantis sesuai memori Anda berdua. Dan akhirnya, pastikan kotak cincin itu sudah menunggu di tujuan akhirnya. Tapi kalau Anda memimpikan hal yang lebih istimewa, episode tadi bisa diwujudkan dalam bentuk perjalanan yang lebih panjang, antar negara misalnya? Karena Bazaar juga sudah merangkum tempattempat paling romantis yang bisa menjadi referensi untuk Anda di halaman selanjutnya.

Kesimpulannya, sebuah proposal bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Apalagi inspirasi yang bisa Anda duplikat begitu banyak bertebaran di luar sana. Mulai dari ritual tradisional berupa makan malam indah dan segelas champagne, ala Hollywood atau keluarga kardashian, hingga ke opsi yang bersahaja atau lebih intimate. Intinya proposal adalah sebuah momen yang berisi ketulusan hati dan terucap dengan niat sepenuh jiwa. Hingga siapapun yang berdiri atau berlutut di hadapan Anda akan luluh dibuatnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.