Caring For Your Diamonds

TIP MERAWAT BERLIAN PADA AKESORI MEWAH ANDA AGAR TETAP BERKILAU DARI DESAINER AKSESORI TERNAMA INDONESIA, RINALDY A. YUNARDI. OLEH YOLANDA DEAYU & MARIA FRANCES

Herworld Brides (Indonesia) - - Experts Advice -

Hindari menyentuh batu berlian yang sedang dikenakan supaya minyak di kulit jari tidak mengotorinya.

Clean

Bersihkan cincin berlian secara berkala setelah beberapa pemakaian dengan lembut, baik menggunakan mesin steril yang dibeli di pasaran atau dibawa langsung ke toko tempat Anda membelinya. Solusi lain adalah direndam dalam air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh sabun pencuci piring tanpa pewangi dan perwarna, kemudian digosok dengan sikat berbulu halus dan dibilas dengan air hangat. Jangan gunakan pemutih, klorin, aseton, pasta gigi, soda kue atau bubuk pembersih lainnya karena bisa merusak logam pada cincin, terutama yang terbuat dari emas.

Store

Simpan di tempatnya dan susun dengan rapi agar tidak tercampur dengan perhiasan lain dan tersangkut dengan aksesori yang memiliki rantai seperti kalung atau gelang. Letakkan di posisi yang mudah diingat supaya tidak repot ketika mencarinya. Ada baiknya juga untuk disimpan di dalam safe deposit box agar terjaga keamanannya ketika tidak dikenakan.

Wear

Hindari menyentuh batu berlian yang sedang dikenakan supaya minyak di kulit jari tidak mengotorinya. Lepas cincin ketika hendak melakukan aktivitas berat, seperti olahraga atau pindah rumah. Meskipun berlian adalah batu yang kuat, namun tetap bisa tergores atau retak jika terkena besi atau terjepit. Lepaskan juga saat mencuci baju dengan tangan atau membersihkan rumah agar tak terkena zat yang bisa merusak dan merubah warna cincin, seperti pemutih dan klorin.

Rinaldy A. Yunardi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.