ARTISTS AT HEART

ALAM INI INDAH, NAMUN DUNIA BUATAN MANUSIA DAPAT MENJADI TEMPAT YANG BURUK. SIMAK BAGAIMANA BOUROULLEC BERSAUDARA MEMPERINDAH DUNIA MELALUI DESAIN MEREKA.

Home & Decor (Indonesia) - - Design Buzz -

Banyak dari kita yang suka menggambar asal saat bosan. Berbeda dengan dua desainer industrial bersaudara asal Perancis, Ronan dan Erwan Bouroullec, yang bisa mengubah gambar acak di kertasnya menjadi bibit dari desain-desain terbaik mereka di antaranya koleksi kursi Steelwood untuk Magis, Vegetal Chair dan Algue Dividers untuk Vitra, serta modular decor North Tiles, dan Clouds untuk Kvadrat. Namun usaha untuk menghubungkan objek Bouroullec dengan 800 sketsa free-form dalam buku baru mereka bisa jadi sia-sia. Diluncurkan awal tahun ini dengan judul Drawings, buku ini berisi 800 coretan abstrak yang dibuat antara tahun 2004 hingga 2012.

Beberapa gambar bisa menjadi benih sebuah ide, lainnya hanya ekspresi artistik dari perasaan yang sedang dirasakan saat itu, tetapi gambar-gambar tersebut menjadi fondasi dari karya mereka. Ronan pun menyebutnya sebagai “proses berpikir mereka”. Dan desain mereka memperlihatkan apa yang disebut dengan “poetic

practicality”. Mereka bukanlah perfeksionis (bahkan, mereka dapat disebut “imperfectionist”, seperti yang akan Anda baca selanjutnya), tetapi mereka pasti seniman. Kami pun berbincang dengan Ronan Bouroullec di Milan.

APAKAH SEMUA DESAIN ANDA SELALU BERMULA DENGAN GAMBAR? Tidak selalu, tetapi sangat sering. Semua berawal dari pikiran. Saat masih muda, kami sering menggambar sehingga mudah bagi kami untuk mengekspresikan diri. Kami berlatih menggambar seperti seorang penari berlatih. Kami melakukan gerakan yang sama berulang-ulang. Kami menggambar seperti mesin, hal ini seperti kebiasaan.

NAMUN ANDA TIDAK HANYA MENGGAMBAR FURNITUR, ANDA MENGGAMBAR

SEGALANYA. Kami menggambar untuk belajar, dan berpikir. Desain adalah disiplin yang sangat menarik, tetapi sangat membuat frustrasi. Terdapat jarak yang sangat panjang antara ide pertama dengan ide terakhir. Namun Anda dapat menggambar di mana saja seperti di dapur, dan di pesawat, ini merupakan cara yang cepat untuk mengekspresikan apa yang Anda pikirkan. Saya bisa berhenti membuat objek, tetapi saya tidak bisa berhenti menggambar. Hal ini sangat penting.

SEBERAPA DEKAT PRODUK JADI DENGAN SKETSA AWAL? MISALNYA THECA

SIDEBOARD, DILUNCURKAN UNTUK MAGIS TAHUN INI. Untuk satu proyek, ada ratusan gambar. Tidak hanya satu gambar lalu Anda berkata “Ah, ini bagus sekali!” Menggambar itu seperti berpikir, ini merupakan cara yang baik untuk menyaring ide. Theca Sideboard dikembangkan selama dua tahun yang seharusnya diluncurkan tahun lalu, namun diundur karena kami merasa kurang tepat. PERUBAHAN PERUBAHAN APA APA YANG YANG ANDA ANDA LAKUKAN? LAKUKAN? Minggu Minggu lalu lalu saya saya bahkan bahkan belum belum yakin, yakin, apakah apakah sudah tepat. Saya melihat sideboard sideboard dan dan merasa merasa ini ini terlalu terlalu sempurna sempurna mulai mulai dari dari setiap setiap ukuran, hingga setiap detail sekrup. Mungkin ini berlebihan karena kita tahu bahwa tidak ada kesempurnaan. Para perfeksionis hanyalah orang-orang membosankan. Kadang Anda butuh sesuatu agar memesona.

Imajinasi yang kaya dari Ronan (kiri) dan Erwin Bouroullec dalam bentuk gambar-gambar yang dibuat selama delapan tahun telah dikumpulkan di dalam buku baru mereka berjudul Drawings.

Sulit untuk menentukan bahwa gambar yang terkadang abstrak adalah inspirasi dari produk jadi mereka, namun gambar-gambar tersebut adalah cara Bouroullec bersaudara untuk mengembangkan ide mereka.

Newspapers in English

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.