MODERN LINES

PENAMBAHAN LAHAN BARU MEMBUAT HUNIAN INI MENGALAMI PEROMBAKAN LAYOUT DAN EXTENSION BESAR- BESARAN PADA RUANG- RUANG YANG TERDAPAT DI DALAMNYA.

Home & Decor (Indonesia) - - Contents -

Rencana renovasi awal yang bertujuan untuk menambahkan kolam renang berakhir dengan perombakan serta extension ruangan besar-besaran pada hunian modern ini.

Memiliki sebuah hunian fungsional dengan gaya ringkas menjadi syarat utama bagi pasangan pemilik yang sangat sibuk dengan kesehariannya bekerja. “Kami menyukai hunian modern yang lugas dan tegas serta memiliki fungsionalitas tinggi, namun tetap memberikan nuansa kehangatan,” ujar pasangan pemilik yang menyenangi karya-karya dari desainer Richard Maier dan Mies van der Rohe.

Arsitek David Soediono yang ditunjuk oleh pasangan pemilik untuk perancangan desain awal hunian tersebut mendapatkan brief yang cukup padat dari pasangan pemilik tentang konsep bangunan yang mereka inginkan. Dibangun pada tahun 2001, konsep bangunan awal mengambil inspirasi dari aliran Modernisme yang diterjemahkan oleh David dalam sosok bangunan split level dengan komposisi kubus-kubus dalam karakter solid dan void, membuat bangunan ini terlihat bagaikan tumpukan kotak-kotak putih dari arah depan.

Dengan dua anak perempuan yang beranjak remaja, kebutuhan ruang bagi keluarga ini menjadi cukup menyita lahan sehingga area

outdoor menjadi sedikit terbatas. Ketika pasangan pemilik membeli lahan kosong di sebelah hunian mereka pada tahun 2011, rencana utama mereka adalah menambahkan kolam renang ke area teras belakang dan membuat sebuah taman rimbun. “Kami menyukai gaya ruangan terbuka untuk area publik dan area outdoor dengan halaman yang cukup luas dan banyak tanaman hijau,” jelas pemilik. Namun dengan tambahan lahan seluas 350 m2 yang menggandakan luas tanah hunian mereka menjadi dua kali lipat, beberapa penyesuaian pun harus dilakukan pada struktur bangunan dan komposisi ruang-ruang.

Mereka pun langsung menghubungi David untuk mengerjakan proses renovasi hunian. Pemilik juga meminta desainer interior Danny Tanoto dari Morris Interior Architects untuk mengerjakan renovasi interior. David bertugas melakukan reorganisasi ruangan sedangkan Danny mengerjakan desain serta pembuatan built-in fixtures pada interior hunian seperti walk-in wardrobe dan area pantry.

Konsep split level dari bangunan awal tidak diterapkan pada penambahan bangunan baru. David mengatakan alasannya adalah “karena ketinggian permukaan tanah pada lahan tambahan hampir rata dengan permukaan jalan di hadapannya, maka saya hanya melanjutkan dengan konsep desain datar namun tetap menjaga hirarki dan karakter desain bangunan awal.”

Renovasi yang berjalan selama sekitar 1,5 tahun ini menghasilkan sebuah hunian yang lebih nyaman dan luas bagi seluruh anggota keluarga. Ruangruang yang lebih lega juga memungkinkan pemilik memajang semua koleksi karya seni lukisan yang mereka miliki yang sebagian besar merupakan karya dari pelukis ternama Indonesia seperti Hanafi, Soedarso dan Yoga Mahendra. Area keluarga yang lebih luas membuat keluarga ini sangat senang berkumpul bersama di area kolam renang dan teras yang terbuka.

where to go

STUDIO ARSITEK DAVID B. SOEDIONO JLN. BRAGA 89, BRAGA, SUMUR BANDUNG TEL: 022 423 1783

MORRIS INTERIOR ARCHITECTS RUKO METRO BROADWAY LT. 2 #B57 PANTAI INDAH KAPUK, JAKARTA TEL: 021 300 10396

ini sering digunakan oleh anak-anak pemilik untuk berkumpul bersama teman-teman mereka.

Salah satu sudut kamar anak. di sofa koleksi Vivere.

Lukisan kartunis karya Yoga Mahendra ditempatkan di ruang kerja untuk menghidupkan suasana dan tone ruangan yang lembut.

Area storage dan dapur kotor ditambahkan pada saat relayout area makan dan pantry. Akses menuju ruang tambahan ini tertutup rapi berkat wall

covering seamless.

Walk-in wardrobe serba putih menjadi pilihan sang istri. kanan Kamar mandi dibuat memanjang dengan meletakkan area wastafel tepat di depan

walk-in wardrobe.

Newspapers in English

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.