Suasana Kasual ala New York

RUANG USAHA

IDEA - - Konten - TEKS NATHANIA HAPSARI FOTO RIAN RISANDA LOKASI 2MAD EATERY, KEMANG JAKARTA SELATAN

Jalan populer di New York, Madison Avenue, coba dihidupkan dalam gaya yang kasual.

SIAPA YANG TIDAK KENAL MADISON AVENUE? Jalan yang membelah kawasan Manhattan dari selatan ke utara di New York ini dipenuhi dengan gedunggedung tinggi dan tentunya taksi kuning atau yellow cab yang begitu khas. Di jalan ini pula, berbagai hasil kerajinan industri kreatif dipamerkan kepada para pejalan kaki yang sedang cuci mata. Dari butik desainer, toko perhiasan, hingga toko aksesori, semua berderet sepanjang jalan dengan etalase yang memberi kesan eksklusif namun tetap kasual.

Suasana inilah yang coba dibawa oleh Maggie Hutahuruk Eddy ke restoran mungil miliknya. Terletak di The Broadway Kemang, restoran 1 lantai ini mengusung tema gaya New York yang cukup kasual, dengan rustic dan industrial sebagai konsep dasarnya.

Memasuki pintu utama yang berwarna kuning terang, langsung tampak area makan dengan beragam kursi dan meja. Ada 4 set kursi dan meja makan yang dibariskan sejajar, dengan desain yang berbeda-beda. Namun, masing-masing kursi dan meja memiliki kesamaan tema, yaitu permukaan yang terekspos. Garisgaris urat kayu sengaja diperlihatkan dengan indah tanpa lapisan finishing yang pekat.

Tak hanya furnitur, plafon restoran pun turut mengekspos kabel-kabel dan struktur atap. Dibalut dalam cat warna bu-abu yang sederhana, plafon juga dipenuhi dengan beberapa lampu gantung sebagai general lighting- nya. Pencahayaan hanya menggunakan lampu-lampu bercahaya kuning untuk menguatkan citra ruang yang homey. Pencahayaan yang lembut juga memberikan sedikit efek bayangan pada permukaan dinding bata ekspos restoran ini. Dan di antara lampu gantung, terpasang juga spot light yang hanya ditempatkan pada beberapa titik. Tiap spot light memendarkan cahaya putih untuk menegaskan keberadaan lukisanlukisan di dinding secara dramatis.

Di sisi seberang area makan, terdapat meja bar yang juga berbahan kayu. Bagian badan meja bar terbuat dari lembaran-lembaran jati belanda yang diberi tambahan warna cokelat gelap. Di bagian atasnya, lembaran kayu solid dengan garis potong kasar dipasang sebagai table top. Sebagai pasangannya, tampak 4 buah stool berbahan kayu yang dibentuk dengan teknik bending.

Tiap sisi dinding restoran digunakan sebagai area pajang berbagai kerajinan asli Indonesia. Dari vas bergaya shabby, pajangan keramik, aksesori interior, hingga lukisan-lukisan ekspresif dipamerkan dengan penataan yang rapi dan elegan.

Dalam hal ini, Maggie hanya memilih lukisan-lukisan yang merupakan karya pelukis asli Indonesia. Ini dilandasi dengan keinginannya untuk mengangkat karya seniman lokal yang potensial. Begitu pula dengan semua furnitur dan dekorasi yang ada di restoran ini. Semua produk asli Indonesia tersebut dapat dibeli oleh pengunjung yang tertarik. Bahkan pengunjung juga dapat melihat koleksi produk lokal lainnya di galeri 2Madison yang terletak pada lantai 2 restoran ini. •

Papan tulis kapur berukuran besar jadi media alternatif untuk memberitahukan penawaran-penawaran menarik dari 2Mad Eatery.

Tak sekadar digantungkan ke dinding, sebuah lukisan dipasangkan pada sekat besi berlubang dengan warna hitam legam agar tampak menonjol.

Meja dan kursi makan dengan desain yang berbedabeda memberikan keragaman di interior restoran bergaya New York ini.

Besi dan kayu menjadi material utama penegas kesan industrial di area bar.

Beberapa dekorasi bergaya shabby dipajang secara apik pada rak dengan down light.

Wallsticker bergambar yellow cab yang ikonik jadi penanda jalan menuju galeri 2Madison di lantai 2 restoran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.