HEALTHY HOME HAPPY HOME

Awas Polusi di Dalam Rumah

IDEA - - Konten - TEKS NURIYAH AMALIA ILUSTRASI SUNARTO

SAAT BERBICARA tentang polusi udara, apa sih yang biasanya terlintas di benak kita? Mayoritas pasti akan berpikir soal kendaraan bermotor yang lalu-lalang lengkap dengan gas buangnya yang membuat sesak. Atau, sebagian dari kita mungkin juga teringat pada pabrik dengan asapasap hitamnya yang membumbung tinggi. Ya, 2 hal itu adalah penyebab polusi udara di luar ruangan. Namun, tak hanya di luar ruangan, polusi juga bisa terjadi di dalam ruangan. Kira-kira, apakah penyebabnya sama?

Asap industri dan kendaraan bermotor bisa jadi penyebab polusi dalam ruang bila lokasi rumah dekat dengan kawasan industri dan jalan raya. Namun, polusi dalam ruang lebih disebabkan oleh 2 hal, yakni partikel dan volatile organic compound (VOC). Partikel adalah benda kecil yang melayang di udara, seperti debu atau bulu hewan. Sementara itu, VOC berasal dari barang-barang di sekitar kita, seperti tiner, insektan, furnitur, karpet, parfum, kuteks, aseton, hingga air freshner. Bila sebuah rumah terus-menerus terpapar hal-hal ini, indoor air quality (IAQ)-nya akan menurun dan terjadilah yang disebut sebagai indoor air polution (IAP).

Menurut Presiden Direktur Reka Trihasta Teknik, Dr. Eko Fajar Nurprasetyo, Ph. D., terdapat ciri tertentu yang kita alami yang menandakan buruknya IAQ sebuah ruangan. Ciri-ciri ini disebut sebagai sick house syndrome, seperti mual, sakit kepala, hingga timbulnya depresi. Namun, karena standar kualitas udara setiap orang berbeda, sindrom ini belum tentu terjadi secara bersamaan pada penghuni rumah. Ini pulalah yang menjelaskan mengapa ada yang menyukai air freshner, di saat yang lain terbatuk-batuk karenanya.

Nah, ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk menghindari sindrom ini dan menciptakan kualitas udara dalam ruang yang baik. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem ventilasi. Berkat ventilasi yang baik atau dengan sistem penghawaan silang, udara dalam rumah akan terus bertukar. Anda juga dapat meletakkan air purifier (penjernih udara) di rumah supaya kesegaran udara terus terjaga. Bila ingin langkah yang lebih simpel, Anda dapat membeli produk coating berteknologi fotokatalis yang mampu mentralisir senyawa berbahaya dalam rumah. Anda hanya perlu menyemprotkan produk coating ke penjuru rumah untuk mendapatkan kualitas udara yang baik.

Udara dalam ruang mengandung polusi bila Anda • Asma • Alergi • Sakit kepala • Sinus • Napas pendek • Iritasi mata, kulit, dan hidung

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.