APARTEMEN

Detail yang Menghangatkan

IDEA - - Konten - TEKS MAULINA KADIRANTI FOTO RICHARD SALAMPESSY DESAIN ANDY FINANCIO, SEGIO HOME LOKASI APARTEMEN BOTANICA SIMPRUG, JAKARTA SELATAN

GAYA INTERIOR MODERN selalu dikaitkan dengan kesan simpel, sederhana, dan minim ornamen. Gaya tersebut juga identik dengan palet warna monokromatik seperti abu-abu, hitam dan putih. Tetapi apartemen ini ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda pada desain ruangnya.

“Apartemen ini bergaya modern minimalis. Tapi, saya enggak mau hanya berkesan simpel dan sesederhana seperti biasanya. Saya ingin apartemen ini punya ciri khas. Akhirnya saya gunakan aksen klasik pada meja makan, sehingga gaya yang ada jadi lebih luwes,” ujar desainer interior apartemen ini, Andy Financio dari Segio Home.

Andy menyadari bahwa apartemen yang ia desain ukurannya terbatas. Sehingga ia memilih gaya yang tidak membuat ruang terkesan penuh. Andy membuat permainan bentuk furnitur dan menambahkan sedikit aksen klasik di beberapa bagian agar citra ruang secara keseluruhan lebih menarik. Aksen klasik antara lain ia aplikasikan pada meja makan dan headboard tempat tidur.

Aplikasi interior di apartemen ini sebagian besar menggunakan plywood karena bahan yang satu ini tahan terhadap penyusutan kayu. Ditambah lagi, material ini juga tidak mudah retak dan terbelah. Meski dapat menimbulkan kesan terlalu banyak kayu, Andy tidak takut menggunakan warna cokelat pada apartemen ini. Detail-detail pada furnitur dan elemen ruangnya dapat menghilangkan kebosanan.

Ruang duduk di desain tampa banyak

ornamen. Sentuhan detail yang tidak berlebihan ada pada kredensa, yang membuatnya tampil beda. Ditambah lagi warna merah yang diselipkan pada taplak meja ruang tamu, sehingga ruang menjadi lebih hidup. Siapa bilang bahwa warna abu-abu dan cokelat susah untuk digabungkan? Apartemen ini membuktikan bahwa 2 warna tersebut dapat selaras dan menciptakan sentuhan modern.

Kolaborasi gaya modern dengan sentuhan klasik juga muncul pada ruang lain, seperti kamar-kamar tidur. Pada kamar tidur utama, detail menarik ada pada bagian headboard- nya. Lengkungan di bagian atasnya membuat gaya modern di kamar ini tampak lebih luwes. Begitu pula dengan pemilihan motif sulur pada wallpaper yang menambah sentuhan manis pada kamar.

Apartemen ini menghadirkan ruang makan yang dekat dengan jendela balkon. Ruang makan adalah salah satu tempat di mana keluarga bisa menghabiskan waktu lama untuk mengobrol. Karena itu penting untuk menciptakan ruang makan yang berkualitas. Kehadiran jendela balkon bisa memberikan view yang menarik, sekaligus menjadi jalan masuknya cahaya alami matahari.

Dengan detail-detail pada berbagai elemen interiornya, tak ayal apartemen yang di desain oleh Andy menampilkan citra modern yang berbeda dari lainnya. Pemilihan warna cokelat yang dominan berhasil membuat kesan cozy dan hangat. •

Ruang makan diletakkan bersisian dengan bukaan lebar yang mengarah ke balkon. Cahaya matahari yang masuk dapat menerangai ruang secara alami.

Material kayu diolah dengan sentuhan klasik namun tidak berlebihan. Detaildetail pada furnitur ini membawa kesan luwes pada desain ruang modern.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.