Renovasi Bertahap

Agar pengeluaran lebih terencana, penambahan ruang-ruang dilakukan dalam beberapa tahap.

IDEA - - Konten - TEKS/DESAIN FREDI INDRA (STUDIO.RENARENDRA@GMAIL.COM)

LANDUNG DARI SURABAYA sedang berencana membangun kamar tidur tambahan di atas dapur rumah. Ia ingin menambah sebuah kamar untuk asisten rumah tangga (ART) dan ruang jemur di lantai atas karena bertambahnya anggota keluarga. Tak hanya itu, dalam masa mendatang, Landung juga menginginkan rumah yang saat ini berukuran 90 m2 ditingkat semua. Ia ingin menambah 2 kamar anak ketika sang buah hati bertambah besar.

Untuk menjawab keinginan Landung yang adalah salah satu pembaca setia iDEA ini, Dari Meja Gambar kali ini akan memberikan beberapa desain bertahap agar renovasi rumah lebih efisien.

Pertama, posisi dan desain tangga diletakkan di taman kering di sisi dapur. Tangga berbentuk U menempel dinding luar agar anak tangga tidak terlalu curam. Material tangga menggunakan material perpaduan baja hollow dan beton. Terdapat celah di antara anak tangga agar area taman kering tidak gelap dan lembap.

Dinding pada ruang tangga juga dipasang bata roster/ kerawang agar sirkulasi udar tetap lancar. Pada penutup atap tangga juga terdapat jeda 30 cm dari bawah atap kamar ART agar udara panas bisa keluar.

Agar pada pengembangan rumah tak banyak pebongkaran dilakukan, maka desain tahap pertama harus selaras dengan desain tahap kedua. Letak dan ukuran kamar tidur ART dan ruang jemur tak akan berubah.

Untuk lebih jelas, mari simak desain berikut ini! •

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.