Pencahayaan Hemat

IDEA - - Ide Desain -

Saat siang hari, tidak diragukan lagi bahwa semua ruang mendapatkan pencahayaan alami matahari. Jendela atau pintu kaca lebar dan akses langsung ke luar ruang yang dimiliki semua bagian rumah menjamin hal ini. Tidak cukup sampai di sini, dinding yang menyangga atap pun dibuatkan bukaan berlapis kaca yang memasukkan lebih banyak lagi sinar matahari. Ini membuat penggunaan lampu sangat minim kala siang hari.

Saat malam tiba, giliran pencahayaan buatan yang menerangi rumah. Selain penerangan di ruang dalam, pencahayaan outdoor penting ditambahkan agar area terbuka dan taman yang banyak terdapat pada rumah ini tetap dapat dinikmati kala malam. Akibatnya, banyak sekali titik lampu yang ada di rumah ini.

Namun bukan berarti rumah ini boros energi. Ifin menegaskan bahwa semua lampu yang digunakannya berjenis Light Emitting Diode (LED) yang lebih hemat energi. Sebagai gambaran, untuk pemakaian listrik, tagihan yang harus ia bayarkan hanya sekitar Rp 1,5 juta per bulan. Ini terhitung hemat untuk rumah seluas 850 m² yang terdiri dari 4 lantai ini.

Baik dalam maupun luar ruang diterangi lampu LED agar energi yang dikonsumsi lebih hemat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.