Pesona Kejujuran Material

Unfinished identik dengan material yang diekspos. Sebenarnya, apa makna di balik pengeksposan material? Material apa saja yang umum digunakan?

IDEA - - Konten -

MENGUNJUNGI HUNIAN sekaligus perpustakaan dan studio Realrich Sjarief, Principal Architect RAW Architecture, sungguh memberi pemahaman baru soal desain

unfinished. Kesan unfinished yang biasanya ditampilkan sebagai aksen menjelma jadi hidangan utama dalam bangunan yang dinamakan “99 Percent The Guild” ini. Begitu ditanya mengapa, jawabannya sangat sederhana. Yakni, kejujuran material. “Saya percaya material perlu dikembalikan ke posisi natural. Honest, jujur. Tidak perlu pakai kosmetik,” ujar Realrich.

Meski demikian, Realrich percaya bahwa tak semua orang memiliki pandangan yang sama dengannya. “Style memiliki tesis dan antitesis,” begitu ucapnya. Di satu sisi, ada yang beraliran maksimalis yang memberikan banyak ornamen dalam desainnya. Di sisi lain, ada aliran minimalis yang memilih untuk menampilkan material sejujurjujurnya. Realrich berada di sisi ini.

Di luar itu, Realrich sekali lagi menegaskan tak ada yang lebih baik di antara yang lain. Setiap gaya memiliki keindahannya tersendiri. “Selama detail desain dibuat untuk alasan fungsional, itu sahsah saja. Tapi, akan jadi percuma ketika ornamen dibuat hanya sebagai ‘gincu’ bangunan,” kata Realrich. Ketika akhirnya Realrich memilih desain

unfinished yang minimalis untuk bangunannya, ia berkata,”Hunian adalah tempat kita untuk mengaktualisasikan sesuatu yang kita suka. Saya suka sesuatu yang benar-benar jujur maka saya tampilkan di sini.”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.