COLOURFUTURE AKZONOBEL Dari Desain Hingga Fashion

IDEA - - Liputan Khusus - TEKS JOHANNA ERLY WIDYARTANTI

ColourFuture adalah riset tren warna dari AkzoNobel yang berlangsung setiap tahun untuk memberikan prediksi tren internasional pada gaya dan desain interior, eksterior, arsitektur, hingga fashion, untuk kemudian dijabarkan dalam tren palet warna.

Inovasi warna terbaru setiap tahun ini lahir dari hasil pengumpulan data dan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Estetika Global AkzoNobel mengenai perkembangan sosial dan tren terkini yang terjadi di berbagai belahan dunia. Tim peneliti adalah para ahli dari seluruh dunia, baik Eropa maupun Asia, yang melakukan riset selama 18 bulan setiap tahunnya. Hal ini disampaikan oleh Jeremy Rowe, Managing Director for Decorative Paints AkzoNobel in South East & South Asia, Middle East, pada wawancara eksklusif yang iDEA lakukan di Gem Center, Ho Chi Minh, Vietnam.

“Kami tidak membuat tren, tapi menemukannya. Kami melihat apa yang sedang terjadi dari dunia desain hingga fashion,” ujar pria asal Inggris yang ahli di bidang warna ini. Ia pun menambahkan bahwa sudah sejak 16 tahun lalu AkzoNobel memprediksi warna yang akan menjadi tren. Ini merupakan sebuah pengakuan bagi AkzoNobel sebagai otoritas global dalam pengembangan tren warna.

Landmark Tour

Ibarat DNA, warna memiliki kualitas untuk menginspirasi, memengaruhi perasaan, dan perilaku orang yang melihatnya. Oleh AkzoNobel, warna ditawarkan sebagai solusi untuk kehidupan yang lebih berkualitas. Warna sangat kuat pengaruhnya dalam membentuk kesan dan menciptakan keindahan yang dapat dinikmati manusia.

Menjadi bagian dari rangkaian acara ini, diadakan kunjungan ke gedung-gedung ikonik di Ho Chi Minh, Vietnam. Bangunanbangunan yang dikunjungi, seperti NotreDame Cathedral Basilica of Saigon, Ho Chi Minh City Hall, Ho Chi Minh Fine Arts Museum, Nguyen Hue Walking Street, serta Ben-Thanh Market, sangat indah untuk dinikmati. Selain karena keunikan desain, arsitektur, dan nilai sejarahnya, keindahan ini juga karena aplikasi warna pada elemen bangunannya. Fashion Show

Rangkaian kegiatan ColourFuture juga menjadi ajang bagi AkzoNobel berbagi hasil penelitian yang diperoleh dari hasil riset para ahlinya di bidang warna untuk dunia fashion. Karena, selain dalam desain, perubahan tren warna pun terjadi pada ranah mode dan kecantikan.

Menghadiri perhelatan akbar Elle Fashion Journey juga menjadi bagian agenda acara peluncuran Colour Future ini. Elle Fashion Journey yang tahun ini diadakan di Vietnam, menghadirkan tren mode terbaru karya desainer Vietnam yang beberapa di antaranya mengaplikasikan warna pilihan AkzoNobel yang diprediksi akan mendominasi di dunia fashion tahun 2017.

Lantas, warna apa yang menjadi Colour of The Year 2017 dan tren warna apa saja yang bakal mewarnai desain dan fashion di tahun 2017? Ikuti laporan kami di halaman berikutnya! •

Johanna Erly Widyartanti, Editor Majalah iDEA di Saigon Central Post Office, salah satu tempat yang dikunjungi dalam rangkaian ColourFuture AkzoNobel, 30 September 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.