Sesuai Peruntukannya

IDEA - - Rumah Anda - TEKS MAULINA KADIRANTI INFOGRAFIS AKHMAD JUANDA

Keuntungan pencahayaan yang baik salah satunya adalah dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja sebanyak 52%.

SALAH SATU ELEMEN PENTING yang harus diperhatikan dalam merancang sebuah hunian adalah pencahayaan. Selain berfungsi menerangi ruang pada saat beraktivitas di dalamnya, penataan cahaya yang tepat juga mampu menciptakan ambience yang nyaman serta mempercantik rumah Anda.

Dalam Philips Lighting Week, Ren Katili menjelaskan bahwa penerangan yang ideal dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Yaitu, day light, cool white, dan warm white. Ketiga penerangan tersebut memiliki fungsi masing-masing dan dapat menciptakan suasana yang berbeda.

Menurut Ren, pencahayaan ideal untuk area dapur adalah tidak temaram, tetapi juga tak terlampau terang menyilaukan. Oleh karena itu, pencahayaan jenis day light lebih cocok. Karena, warna bahan makanan dipastikan tidak akan berubah. Pencahayaan ini menampakkan warna sesuai dengan warna aslinya. Selain untuk dapur, day light juga cocok untuk kamar mandi dan ruang penyimpanan.

Tidak hanya itu, kamar tidur juga memerlukan cahaya yang tepat. Masalahnya, banyak hal yang dapat terjadi bila Anda tidak merancang hal ini dengan benar. Kurang tidur akibat pencahayaan yang buruk dapat menyebabkan depresi, penurunan berat badan sampai penurunan kadar testosteron pada pria. Tidak hanya orang dewasa, anak di bawah umur juga perlu cahaya yang tepat di kamarnya.

Pasalnya, anak balita dan bayi membutuhkan 16-20 jam per hari untuk tidur. Lalu, bayi berusia enam bulan hingga satu tahun membutuhkan 11 jam tidur. Kemudian, setelah usia satu tahun ke atas, butuh tidur sebanyak 1013 jam. Psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, mengungkapkan sebaiknya

Korea Advanced Institute of Science and Technology menemukan bahwa anak bayi, batita, dan balita, tidur dalam keadaan lampu yang redup dan memberi kesan pencahayaan temaram. Oleh karena itu, ruang satu ini lebih cocok menggunakan pencahayaan jenis warm white.

Selain day light dan warm white, ada pencahayaan jenis cool white. Penerangan jenis ini lebih kompatibel dengan ruang kerja ataupun meja belajar. Hal ini dikarenakan cool white lebih nyaman di mata dalam kegiatan yang berlangsung lama. Mengelola pencahayaan adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, agar tiap sudut rumah dapat berfungsi maksimal, Anda harus menyesuaikan ruang dengan jenis pencahayaan yang sesuai. •

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.