Selamat Datang di Era Flash Storage

Produk dan solusi baru IBM menunjukkan flash storage kini bukan lagi dominasi perusahaan besar. Apalagi, mengadopsi flash storage bukan berarti membuang storage lama.

Info Komputer - - What’s New -

Ada masa ketika Homing Wulur bersama tim IT harus bekerja sampai pagi menjelang. “Biasanya itu terjadi di akhir bulan,” cerita Homing yang menjabat sebagai Head of Data Center & Data Communication di Indomobil. Pada periode itu, setiap business unit harus memasukkan data ke sistem DMS Indomobil dan Tim IT wajib menunggu sampai setiap business unit selesai melakukan month-end closing. Masalahnya, kinerja sistem DMS menjadi sangat lambat saat periode puncak tersebut, yang memaksa Homing dan tim IT harus bekerja hampir 24 jam.

Penyelidikan pun dilakukan. Akhirnya ditemukan penyebab lambatnya performa sistem DMS karena adanya bottleneck di sisi storage. Setelah memilah teknologi yang ada, Indomobil pun memutuskan untuk mengganti storage dari teknologi spinning disk ke all-flash IBM FlashSystem 840. Solusi ini ternyata manjur. Kinerja sistem meningkat signifikan dan proses input data pun berjalan lancar. “Sekarang paling lambat jam 9 malam kami sudah pulang,” ungkap Homing sambil tersenyum lebar.

Mendukung Hybrid

Homing menceritakan hal tersebut saat menjadi narasumber pada

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.