Membuka Jalan

Info Komputer - - Cover Story -

Salah satu komponen penting dalam membangun smart city adalah infrastruktur telekomunikasi. Namun di tengah ketimpangan infrastruktur di berbagai daerah, komponen ini memang menjadi dilema tersendiri.

Apalagi, ada perbedaan karakter antara pembangunan infrastruktur fisik dan telekomunikasi. Pembangunan fisik menjadi tanggung jawab penuh pemerintah, “Sementara untuk infrastruktur telekomunikasi, default- nya dibangun oleh operator [telekomunikasi] seperti Telkom, Indosat, XL, dan lain-lain,” ungkap Dr. Ir. Ismail MT (Direktur Pengembangan Pita Lebar Kementerian Komunikasi dan Informasi). Namun sebagai pelaku bisnis, operator telekomunikasi lebih memilih membangun infrastruktur di daerah yang memiliki potensi bisnis yang tinggi. Sementara di daerah yang dianggap belum menjanjikan, operator cenderung menahan diri sehingga pemerintah daerah pun terpaksa gigit jari.

Agar keseimbangan infrastruktur terwujud, pemerintah pun melakukan beberapa terobosan. Salah satunya adalah melalui program Palapa Ring yang bertujuan menghubungkan 57 kabupaten yang belum dilirik oleh operator. Akan tetapi, terobosan ini belum menjawab semua persoalan. Karena itulah Ismail mendorong pemerintah daerah untuk mengubah mindset terkait pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Pihak pemda harus melihat infrastruktur telekomunikasi sama krusialnya dengan infrastruktur fisik.

Jika pola pikir itu terwujud, pemda pun akan memberi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.