Tawarkan Kolaborasi

Info Komputer - - Cover Story -

Bagi pemerintah kota dan kabupaten yang berniat membangun smart city, Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Lintasarta menyediakan solusi City-care yang berbasis cloud.

Arsitektur solusi ini sudah lengkap, meliputi lapisan infrastruktur seperti jaringan dan data center, lapisan data dengan pemodelan data yang dikenal umum ( open data), dan lapisan API ( Application Programming Interface) yang bisa dibuka kepada para pengembang aplikasi. Di atasnya, ada lapisan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga dengan memanfaatkan data-data milik pemerintah.

“Solusi ini bisa ditambahkan dengan data analytics mengetahui perilaku warga,” imbuh Herfini.

Sementara itu, Telkom Indonesia telah membentuk Satgas (Satuan Tugas) Smart City Nusantara yang bertujuan membantu pemerintah daerah dalam membuat kerangka berpikir pengembangan smart city. Kerangka ini harus berangkat dari kebutuhan kota/kabupaten, disesuaikan dengan local wisdom atau kebiasaan daerah setempat, dan disusun berdasarkan prioritas pengembangan daerah masing-masing.

“Infrastruktur jaringan Telkom sudah tersebar di seluruh Indonesia. Kami siap membantu daerah membuat Masterplan TIK sesuai Keppres No. 3/2006. Kami juga siap membangun command center, dari yang nilainya ratusan juta sampai miliaran rupiah. Kami pun menyediakan fasilitas data center, colocation, dan cloud,” jelas Wahyudi (Ketua Satgas Smart City Nusantara, Telkom Indonesia).

Beberapa solusi smart city yang siap ditawarkan Telkom dan rata-rata sudah diimplementasikan atau sedang diujicoba di Kota Bandung antara lain: smart water distribution (mengecek kebocoran pipa, saluran, dan kandungan air PDAM), smart flood system (memprediksi cuaca, potensi banjir, dan early warning system), smart lighting (memonitor lampu penerangan jalan umum dan mengetahui pemakaian listriknya), serta smart waste management (memonitor mobil sampah, aplikasi bank sampah).

Selain itu, ada pula software yang dapat membantu kinerja pemerintah daerah, seperti e-Pemerintahan, e-Pelaporan, dan e-Puskesmas.

“Kami juga mengundang para pemimpin daerah untuk berkunjung ke Living Lab Smart City Nusantara di Bandung untuk berdiskusi mengenai solusi smart city bagi setiap daerah,” tutup Wahyudi. untuk

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.