Ancam Perbankan?

Info Komputer - - Cover Story -

Perjalanan Kliring sendiri bukan berlangsung tanpa hambatan. Frizon menyebut, Kliring sempat beberapa kali dipanggil untuk menghadap ke Bank Indonesia karena Dewan Gubernur BI mendapatkan banyak keluhan dari industri perbankan yang menyatakan bahwa keberadaan Kliring mungkin menjadi ancaman serius bagi perbankan.

“Kami mengklarifikasi keluhan tersebut dengan menyatakan bahwa kami adalah startup yang dirancang untuk menjadi kolaborator perbankan, bukan menjadi musuh perbankan, dimana hal tersebut dibuktikan dengan inisiatif Kliring untuk mendatangi bank-bank di Indonesia untuk berdiskusi dan bekerjasama dalam pengembangan produk,” ujar Frizon. Kliring pun mendapatkan tawaran menarik dari bank untuk memperluas jaringan layanan bukan hanya di bank konvensional saja, melainkan hingga ke bank-bank mikro tanah air. “Jadi, saat ini Kliring berada dalam posisi yang menguntungkan sekaligus memberikan tantangan bagi bank di Indonesia,” sebut Frizon.

Frizon mengungkapkan, salah satu hal yang menjadi motivasi mereka adalah terbukanya kesempatan untuk mendapatkan kepastian hukum dari Bank Indonesia atas kegiatan usaha transfer dana. Pasalnya sejak mendapatkan banyak keluhan dari perbankan, Kliring diminta untuk menjalani proses pengajuan izin resmi di Bank Indonesia. Kini Kliring secara resmi berdiri sebagai perseroan terbatas per tanggal 15 Februari 2016.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.