Si pengenal data

Info Komputer - - Cover Story -

Untuk menjaga konsistensi data, fingerprint akan memastikan data yang terdapat dalam sebuah blok terjaga dan tervalidasi dengan baik. Fingerprint dibuat menggunakan algoritma tertentu. Fingerprint konsisten dengan data dan dapat dikenali dalam rantai, sehingga dipastikan bahwa blockchain tersebut adalah juga konsisten secara internal.

Jika ada usaha untuk mengubah salah satu blok di dalam rantai, harus dilakukan juga perubahan terhadap blok lainnya di rantai tersebut sekaligus secara bersamaan. Hal ini juga berarti seluruh fingerprint yang telah terbentuk dalam blok juga harus dibangun ulang. Hal ini akan menyebabkan blockchain menjadi terlihat berbeda atau tidak konsisten lagi.

Fingerprint dibentuk sesuai dengan isi dari blok terkait. Setiap blok terdiri dari isi blok, fingerprint dari blok sebelumnya ditambah dengan fingerprint dari blok itu sendiri. Dengan demikian apabila terjadi perubahan di salah satu blok, harus dilakukan atau dibentuk fingerprint dari blok sebelumnya secara bersamaan pada seluruh blok yang ada dalam rantai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.