Membangun Ekosistem

Info Komputer - - Executive View -

Penggunaan Watson pun bisa dilakukan oleh pihak di luar IBM. Pasalnya IBM menawarkan platform Watson Health yang menyediakan API buat developer untuk memanfaatkan kepintaran Watson. Salah satu contohnya adalah Welltok yang merilis aplikasi bernama CafeWell Concierge. Memanfaatkan kemampuan Watson, aplikasi ini mampu memberi saran bagi pengguna Apple Watch seputar aktivitas kesehatan. Contohnya ketika pengguna memiliki kolesterol tinggi, aplikasi ini akan mengingatkan untuk berolahraga atau menyarankan restoran dengan menu sehat di sekitaran pengguna.

Beberapa contoh di atas bisa menggambarkan potensi besar pemanfaatan Watson di dunia kesehatan. Ginni pun terlihat serius membangun dominasi Watson, tercermin dari investasi sebesar US$4 milyar untuk membuat platform Watson Health. Belum lama ini, IBM juga membeli Truven Health Analytics sebesar US$2,6 milyar. Melalui pembelian ini, IBM mendapatkan data 300 juta pasien, yang akan memuluskan langkah IBM membuat cognitive system yang lebih akurat.

Dengan semua langkah tersebut, jelas terlihat keseriusan IBM—dan Ginni—menyambut era AI. Pertanyaan besarnya adalah apakah langkah tersebut berhasil membawa IBM menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia seperti yang mereka rasakan beberapa tahun lalu. Apalagi, persaingan di industri AI dipastikan tidak akan mudah mengingat banyak raksasa teknologi seperti Microsoft, Google, Amazon, dan Apple, kini juga tengah serius menggarap area ini.

Akan tetapi, Ginni tampak yakin dengan peluang IBM. “Di masa depan, setiap keputusan yang kita ambil berdasarkan informasi yang dihasilkan cognitive system seperti Watson” ungkap Ginni.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.