Kargo.co.id Menjawab Tantangan Logistik Indonesia

Pembangunan infrastruktur diharapkan bisa menurunkan biaya distribusi di negeri ini. Namun semua pihak harus ikut berpartisipasi, termasuk Kargo yang membantu para pelaku industri bebenah diri.

Info Komputer - - Solution Provider -

DWisnu Nugroho/Vinsensius Sitepu Abdul Aziz engan kondisi geografis Indonesia yang luas dan terdiri dari banyak pulau, urusan distribusi di negeri ini memang menjadi masalah tersendiri. Masalah kian pelik jika mengingat belum meratanya pembangunan infrastruktur antardaerah. Hal inilah yang menyebabkan biaya logistik Indonesia tercatat tertinggi di Asia, yaitu 29% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Pemerintah sendiri saat ini sedang giat menggenjot perbaikan infrastruktur yang diharapkan dapat menurunkan biaya distribusi. Namun bagi seorang Yodi Aditya, ada satu masalah mendasar yang juga perlu diperbaiki, yaitu perusahaan distribusi itu sendiri. “Mereka pengelolaannya masih sangat tradisional,” ujar Yodi mengungkapkan pandangannya.

Hal itulah yang mendorong pria lulusan Jurusan Teknika Fisika UGM untuk mendirikan Kargo (kargo.co.id). Pada dasarnya, Kargo adalah layanan yang membantu konsumen mengirim barang berukuran besar ke berbagai kota di Jawa dan Sumatera. Namun mirip seperti Gojek, Kargo tidak memiliki armada. Kargo lebih sebagai penyedia sistem yang membantu konsumen maupun perusahaan distribusi (dalam hal ini pemilik truk).

Sebagai penyedia platform, Kargo mencoba menawarkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Bagi perusahaan distribusi, Kargo menawarkan sistem TMS (transportation management system). Sistem ini akan meningkatkan kemampuan operasional perusahaan sekaligus memberikan aksesibilitas informasi yang tinggi terhadap pelanggan.

Sementara di sisi konsumen, Kargo menawarkan kemudahan dan efisiensi. Untuk mengirim barang, konsumen cukup masuk ke situs Kargo (Kargo.co.id) dan menentukan tujuan serta jenis truk yang ingin digunakan. Setelah itu, mereka akan mendapatkan deretan perusahaan distribusi yang bisa dipilih, termasuk jika ingin mendapatkan harga yang paling kompetitif.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.