Tidak cuma Truk

Info Komputer - - Solution Provider -

Konsumen Kargo sendiri kebanyakan perusahaan, termasuk e-commerce yang mendistribusikan produk jualannya ke pembeli di berbagai daerah di Indonesia. Dibandingkan perusahaan logistik lain, Kargo memang menawarkan harga yang lebih kompetitif. “Kalau pengiriman barang besar, mereka (perusahaan logistik reguler, red) biasanya mengitung volume lalu ada faktor pengali berat,” ungkap Yodi. Sementara perhitungan Kargo berbasis kapasitas truk. Konsumen bisa memilih seluruh kapasitas truk (FTL, Full Truck Load) maupun sebagian (LTL, Less Truck Load) dari berbagai jenis truk yang tersedia. “Jadi lebih murah,” tambah Yodi.

Dalam waktu dekat, Kargo akan mengembangkan sistem yang mengintegrasikan sistem TMS tersebut ke sistem yang ada di perusahaan. Contohnya bagaimana perusahaan bisa mengintegrasikan pengiriman barang saat keluar dari warehouse yang selama ini sulit dilacak. Atau bagaimana sistem Kargo bisa terintegrasi ke sistem e-commerce sehingga memudahkan estimasi kedatangan barang. “Dengan adanya integrasi itu, sistemnya akan lebih efektif. Jika sudah efektif, harga pasti akan lebih bagus,” ujar Yodi.

Rencana Yodi dengan Kargo tidak cuma berhenti di situ. Dalam 1-2 tahun mendatang, Kargo ingin bisa mengintegrasikan pengiriman barang berukuran besar di semua moda distribusi. “Mulai dari truk, kapal, sampai pesawat,” ungkap Yodi.

Pembangunan infrastruktur yang digenjot Pemerintah memang akan menjadi faktor pendukung rencana tersebut. Namun dengan kondisi belum ideal seperti sekarang, Yodi yakin Kargo tetap bisa meningkatkan efisiensi perusahaan logistik. “Seiring infrastruktur yang lebih baik, efisiensi akan lebih tinggi lagi,” ungkap Yodi.

Kargo ingin membantu di level teknologi agar perusahaan

ini LEBIH EfiSIEN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.