Face2Face Mungkinkan Manipulasi Ucapan dalam Video

Pernahkah Anda membayangkan bisa mengubah ekspresi wajah seseorang termasuk apa yang diucapkannya dalam video dengan ekspresi wajah dan kata-kata Anda sendiri?

Info Komputer - - What's New -

Jika belum pernah membayangkannya, janganlah merepotkan diri untuk melakukannya. Pasalnya, kini sudah ada perangkat lunak yang mampu melakukan hal ini dengan baik.

Mudahkan Manipulasi

Perangkat lunak ini adalah Face2Face. Menggunakan video asli berisikan wajah dan suara tokoh tertentu yang ingin dimanipulasi, dan menggunakan

webcam yang merekam ekspresi wajah dan suara kita, aplikasi ini akan melakukan proses manipulasi dengan mudah. Apa yang kita ucapkan dan ekspresi wajah yang kita tampilkan akan diolah sedemikian rupa sehingga seolah-olah diucapkan oleh tokoh tersebut lengkap dengan ekspresi wajahnya.

Memang metode yang dipakai perangkat lunak ini belum sempurna. Namun, para pengamat menyatakan bahwa keberadaan Face2Face ini akan membawa dampak besar bagi penerbitan

online di masa depan. Pembuat perangkat lunak ini mengklaim bahwa tujuan pembuatan Face2Face adalah mengganti ekspresi wajah pada video asli menggunakan ekspresi wajah dan suara aktor, dan kemudian merrender hasil manipulasi ini menjadi sebuah video baru. Video baru ini seolah merupakan hasil rekaman aslinya.

Berdasarkan hasil percobaan menggunakan video tokoh terkenal dari Youtube, sebuah tim relawan berhasil membuat sang tokoh menampilkan ekspresi wajah dan mengucapkan katakata sesuai dengan ekspresi wajah dan ucapan relawan (yang direkam menggunakan

webcam). Hebatnya lagi, video hasil manipulasi ini hanya menampilkan distorsi yang kecil, bahkan bisa dikatakan tidak ada. Gerakan bibir dan mulut tokoh yang dimanipulasi pun begitu mulus dan sempurna, sehingga seolah-olah sang tokoh sendiri yang sedang berbicara dalam video tersebut.

Untuk Berbagai Keperluan

Para pengamat menyatakan bahwa penerapan teknologi ini akan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan teleconferencing, visual dubbing secara real

time untuk kepentingan penerjemahan, integrasi dengan dunia game, computer generated imagery (CGI), augmented reality, serta realitas virtual ( virtual reality/ VR).

Sebenarnya, perekaman wajah seseorang dan lalu memanipulasinya bukan merupakan hal yang baru. Namun sebelumnya untuk melakukan hal ini diperlukan perangkat keras, perangkat lunak, dan keahlian mumpuni. Nah, jika Face2Face ini sudah dilepas ke publik, siapa pun akan bisa melakukan ini dengan mudah bermodalkan daya komputasi serta keahlian minimal.

Meskipun demikian, software ini masih memiliki kelemahan. Aplikasi ini hanya bisa berfungsi dengan baik untuk wajah tokoh yang direkam dalam sudut pandang tiga puluh derajat. Di luar sudut ini, wajah tokoh akan sulit dimanipulasi. Selain itu, keberadaan jari-jari tangan di depan wajah, jenggot, dan rambut si tokoh yang akan dimanipulasi juga menimbulkan tantangan tersendiri. Pasalnya, perangkat lunak ini sangat mengandalkan pemetaan wajah, sehingga aneka hal yang menutupi bentuk wajah akan menghambat proses manipulasi.

Di atas itu semua, keberadaan produk ini juga harus diwaspadai. Pasalnya, perangkat lunak ini bisa dipakai sebagai pendukung hoax yang disebarkan dengan tujuan tertentu.

Naskah: RISTIANTO W

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.