Penurunan PC Melambat

Jumlah PC yang dikapalkan pada tahun 2016 dibandingkan pada tahun 2015 tetap mengalami penurunan seperti tahun-tahun sebelumnya, setidaknya menurut Gartner dan IDC. Namun proporsinya penurunan yang terjadi, angkanya berkurang.

Info Komputer - - What's New -

S udah beberapa tahun terakhir ini, jumlah PC yang dikapalkan setiap tahunnya di seluruh dunia mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Besaran proporsi penurunan ini beragam. Pada tahun 2013 misalnya, baik Gartner maupun IDC sama-sama mencatat penurunan sekitar sepuluh persen dibandingkan tahun 2012. Gartner menyebutkan proporsinya sekitar 9,85%, sedangkan IDC menghadirkan proporsi sekitar 9,79%. Sementara pada tahun 2014, Gartner melaporkan penurunan sekitar 0,88% dibandingkan tahun 2013, sedangkan IDC memberikan penurunan sekitar 2,14% dibandingkan tahun 2013.

Sayangnya, melambatnya persentase penurunan jumlah PC yang dikapalkan tidak terjadi pada tahun 2015. Pada tahun 2015, persentase penurunan yang terjadi dibandingkan tahun sebelumnya mengalami peningkatan. Gartner mencatatkan angka sekitar 8,29%, sedangkan IDC memberikan angka sekitar 10,56%.

Rendahnya persentase penurunan jumlah PC yang dikapalkan pada tahun 2014 dibandingkan tahun 2013 dinilai sebagian pihak disebabkan oleh habisnya dukungan resmi Microsoft terhadap Windows XP. Akibatnya banyak pengguna PC yang memutuskan untuk melakukan upgrade alias membeli PC baru.

Kondisi serupa tentunya tidak terjadi pada tahun 2015. Belum lagi gratisnya upgrade ke Windows 10 untuk pengguna Windows versi sebelumnya yang memenuhi persyaratan, dianggap oleh pihak tertentu membuat sebagian pengguna PC menunda untuk membeli PC baru. Hal-hal ini membuat proporsi penurunan yang terjadi terhadap tahun sebelumnya kembali ke angka yang lebih tinggi.

Mulai Berkurang

Meskipun begitu, pada tahun 2016 yang baru lalu, baik Gartner maupun IDC samasama mendapatkan data yang menunjukkan proporsi penurunan yang terjadi di tahun 2016 terhadap tahun 2015 lebih kecil dari proporsi tahun sebelumnya.

Dari data yang sifatnya masih pendahuluan ini, Gartner memperkirakan besarnya penurunan PC yang dikapalkan pada tahun 2016 dibandingkan dengan jumlah seluruh PC yang dikapalkan pada tahun 2015 adalah sekitar 6,24%. Angka ini lebih kecil dari 8,29% yang dicatat pada tahun sebelumnya. Gartner memperkirakan, ada sebanyak 269,717 juta unit PC yang dikapalkan pada tahun 2016. Sementara pada tahun 2015, Gartner menyebutkan terdapat 287,675 unit PC yang dikapalkan.

Begitu pula dengan IDC. Untuk tahun 2016, secara keseluruhan IDC memperkirakan ada sekitar 260,183 juta unit PC yang dikapalkan. Angka ini mengalami penurunan bila dibandingkan tahun 2015 yang mencapai 275,790 juta unit. Secara proporsional, penurunan yang terjadi adalah sebesar 5,66%. Angka ini jauh lebih kecil dari 10,56% yang diperoleh pada tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Gartner dan IDC juga memperkirakan bahwa pada kuartal keempat tahun 2016, persentase penurunan yang terjadi dibandingkan kuartal keempat tahun 2015 berada pada angka yang lebih kecil lagi. Gartner memperkirakan persentase ini berada di sekitar 3,7%, sedangkan IDC memperkirakannya di sekitar 1,5%.

Begitu pula dengan persentase di kuartal ketiga yang diperkirakan sebesar 5,7% oleh Gartner dan 3,9% oleh IDC. Dengan kata lain, setidaknya pada semester kedua tahun 2016 terjadi perlambatan penurunan jumlah PC yang dikapalkan. Dan jika penurunan jumlah PC yang dikapalkan tersebut terus melambat, bisa dibilang pasar PC mulai stabil.

“Kontraksi yang terjadi pada pengapalan PC tradisional sepanjang lima tahun terakhir akhirnya kelihatan mulai berkurang sejalan dengan para pengguna bergerak untuk meng- update berbagai sistem. Kita memiliki sebuah peluang yang bagus untuk PC tradisional bertumbuh pada aneka pasar komersial, sedangkan segmen konsumen juga seharusnya membaik sesuai dengan berkurangnya tekanan dari pasar telepon dan komputer tablet yang melambat,” ujar Loren Loverde (Vice President, Personal Computing Trackers & Forecasting, IDC).

Smartphone merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pasar PC yang didefinisikan Gartner dan IDC mencakup notebook.

Naskah: CAKRAWALA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.