IC Memori Bertumbuh Paling Pesat

Maraknya penggunaan smartphone dan makin menariknya SSD sebagai media simpan, membuat IC memori yang menjadi pendukung kedua jenis perangkat tersebut diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang pesat sampai tahun 2021.

Info Komputer - - What's New -

Meskipun pertumbuhan jumlah smartphone yang dikapalkan di seluruh dunia mengalami perlambatan, jumlah

smartphone yang dikapalkan tersebut setiap tahunnya terus bertambah. Menurut Gartner, diperkirakan jumlah smartphone yang dikapalkan di seluruh dunia akan mencapai 1,9 miliar pada tahun 2020, naik dari 1,5 miliar yang diprediksi pada tahun 2016. IHS Markit pun memperkirakan banyaknya smartphone yang digunakan pada tahun 2020 di seluruh dunia akan mencapai lebih dari 6 miliar, bertambah dari 4 miliar pada tahun 2016.

Sementara itu, meski belum mencapai tingkat harga HDD, harga SSD yang terus menurun selama beberapa tahun belakangan membuat SSD ini makin menjadi pilihan banyak orang, untuk digunakan sebagai media simpan utamanya. Hal ini wajar mengingat SSD memang umumnya menawarkan kinerja yang lebih baik dibandingkan HDD.

Seperti yang InfoKomputer sebutkan pada edisi lalu, berdasarkan hasil riset TRENDFOCUS, pengapalan SSD untuk pengguna akhir mengalami peningkatan pada kuartal ketiga 2016. Pertumbuhannya sekitar empat belas persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Mengambil tahun 2016 sebagai referensi, MarketsandMarkets pun memprediksikan pasar SSD secara global akan mengalami pertumbuhan sebesar 9,5% setiap tahunnya sampai tahun 2022.

Dengan kata lain, banyaknya perangkat

smartphone dan SSD yang dikapalkan masih akan terus bertumbuh. Pertumbuhan ini tentunya harus diimbangi pula dengan pertumbuhan komponen pendukung yang membantu membentuk smartphone maupun SSD tersebut.

DRAM dan Flash Memory

Komponen yang menurut IC Insights akan mengalami pertumbuhan paling pesat sampai tahun 2021 adalah memori. Pasar memori yang tentunya mencakup memori utama DRAM dan media simpan NAND flash memory, diprediksikan akan bertumbuh 7,3% setiap tahunnya sampai tahun 2021.

Besarnya pertumbuhan pasar IC memori sebesar 7,3% setiap tahun ini membuat pada tahun 2021 nilainya diperkirakan akan mencapai 109,9 miliar dolar Amerika. Pada tahun 2016 yang baru lalu, besarnya pasar IC memori diperkirakan sebesar 77,3

miliar dolar Amerika.

Selain smartphone dan SSD yang terus bertumbuh, meningkatnya kapasitas memori yang digunakan oleh berbagai perangkat itu juga tentunya berpengaruh. IC Insights juga menyoroti penggunaan memori pada perangkat yang dikhususkan untuk keperluan perkantoran seperti untuk big data dan virtualisasi.

Yang menarik pula dari informasi yang ditampilkan oleh IC Insights adalah berkurangnya pertumbuhan IC yang dikategorikan ke dalam microcomponent. Pasar

microcomponent ini diperkirakan akan bertumbuh 4,4% setiap tahunnya sampai tahun 2021.

Komponen yang masuk ke dalam kategori microcomponent ini antara lain adalah prosesor PC desktop, notebook, dan komputer tablet. IC Insights menilai melemahnya pasar PC desktop,

notebook, dan komputer tablet membuat pertumbuhan pasar

microcomponent menjadi lebih rendah. Adapun pertumbuhan pada pasar prosesor smartphone dan microcontroller membantu melawan efek dari melemahnya pasar PC desktop, notebook, dan komputer tablet tersebut.

Secara keseluruhan, IC Insights memprediksikan pasar IC akan mengalami pertumbuhan sebesar 4,9% setiap tahunnya sampai tahun 2021.

n cro Mi k Do Bertumbuhnya jumlah SSD yang dikapalkan membantu membuat IC memori memiliki pertumbuhan paling tinggi.

Naskah: CAKRAWALA Dok Intel

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.