Menangkis Hoax

Info Komputer - - Executive View -

Proses Pelaporan yang Mudah.

Facebook sedang mencoba beberapa cara untuk mempermudah pengguna melaporkan hoax. Salah satunya, pengguna Facebook bisa mengeklik sudut kanan atas sebuah

posting jika menganggap berita itu palsu.

Kerja sama dengan Pihak Ketiga.

Facebook akan melakukan kerja sama dengan International FactChecking Network di Poynter untuk mendeteksi kebenaran sebuah berita. Jika berita itu palsu, Facebook akan memberikan tanda khusus di posting itu dan memberikan tautan ke berita yang benar. Sementara untuk artikel yang kebenarannya diperdebatkan, pengguna akan mendapat tanda peringatan saat akan membagi artikel tersebut.

Berbagi Informasi dengan Benar.

Facebook mendapati pola bahwa ketika pengguna enggan membagikan (share) sebuah konten, itu karena karena konten tersebut dianggap menyesatkan dalam beberapa hal. Facebook akan menyempurnakan algoritmanya agar konten seperti itu ini tidak muncul di timeline pengguna.

Memutus Insentif Finansial.

Munculnya banyak berita palsu disinyalir memiliki motif finansial. Penyebar hoax menyamar sebagai organisasi media terkenal dan memuat hoax agar pengguna mengakses situs mereka (yang berisi iklan). Untuk motif seperti ini, Facebook akan mengeliminasi pembelian Facebook Ads untuk domain yang sifatnya menipu. Facebook juga akan menganalisis situs untuk mendeteksi tindakan yang bisa dilakukan agar tidak menjebak pengguna.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.