V2MOM Rahasia di Balik Kesuksesan Salesforce

Info Komputer - - Top Leader -

Dari sebuah startup yang bermarkas di sebuah apartemen satu kamar, Salesforce menjelma menjadi sebuah perusahaan dengan penghasilan tahunan sebesar lima miliar dolar AS dalam waktu lima belas tahun. Ini merupakan pertumbuhan tercepat yang dicapai oleh perusahaan perangkat lunak untuk enterprise.

Kini Forbes menempatkan Salesforce sebagai salah satu dari empat besar perusahaan software enterprise dunia.

Cover majalah Forbes edisi September 2016 yang lalu memuat wajah Marc Benioff (CEO dan Founder Salesforce) dan menyebutnya sebagai “Tech Mad Genius”.

Rahasia Sukses Salesforce

Sejak tahun 2011, Salesforce selalu masuk dua besar dalam daftar “The Most

Innovative Companies in America” versi majalah Forbes. Salesforce merupakan pelopor software as a service (SaaS) yang kita kenal sekarang, mengakhiri era

software dalam bentuk CD ROM. Salesforce juga menjadi market leader dalam berbagai kategori produk dan meraih posisi puncak dalam “Magic Quadrants” Gartner. Kini produk Salesforce dapat berinteraksi dengan ribuan aplikasi, dan digunakan oleh jutaan pengguna bisnis di seluruh dunia. Pertumbuhan Salesforce yang konsisten membuatnya menjadi salah satu kesayangan bursa saham. Diperkirakan kapitalisasi pasarnya mencapai 54 miliar dolar AS.

Pada bulan Oktober 2016 yang lalu, lebih dari 170 ribu orang datang ke San Francisco untuk menghadiri Dreamforce, acara tahunan yang diselenggarakan oleh Salesforce untuk ke-14 kalinya. Dengan peserta sebanyak lebih dari 170 ribu orang dari 83 negara, dan lebih dari tiga ribu sesi pembicaraan, Dreamforce ini bisa dibilang merupakan event teknologi terbesar di dunia.

Inilah sekilas yang bisa menggambarkan betapa suksesnya Salesforce. Dan bila Anda bertanya kepada Marc Benioff apa rahasia kesuksesannya, besar kemungkinan ia akan menjawab rahasianya adalah V2MOM.

“Saya selalu berpikir bahwa rahasia terbesar Salesforce.com adalah bagaimana kita bisa mencapai penyelarasan organisasi dan komunikasi yang baik sementara organisasi bertumbuh dengan sangat cepat,” demikian tulis Benioff pada bukunya Behind the Cloud.

Ketika organisasi bertumbuh dengan cepat, tidak ada yang lebih penting daripada komunikasi yang konstan dan penyelarasan yang menyeluruh. Hal ini bisa dicapai Salesforce dengan bantuan sebuah proses

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.