Tren Digital Marketing Indonesia di 2017

Pertumbuhan pengguna internet Indonesia sangat mencengangkan. Berdasarkan data APJII yang dirilis pada November 2016, pengguna internet di Indonesia melonjak dari 88 juta di tahun 2014, menjadi 123 juta berdasarkan hasil survei di 2016.

Info Komputer - - Contents -

Berdasarkan data APJII, hampir separuh dari penduduk Indonesia sudah memiliki akses ke internet. Lalu bagaimana sebenarnya perkembangan dan tren digital, terutama dalam kaitannya dengan pemasaran di 2017?

J umlah ini mengindikasikan bahwa, hampir separuh dari penduduk Indonesia sudah memiliki akses ke internet. Itu sebabnya, internet dan digital sudah tidak bisa terelakkan lagi, dan menjadi media yang harus digunakan oleh semua perusahaan.

Lalu bagaimana sebenarnya perkembangan dan tren digital, terutama dalam kaitannya dengan pemasaran ( marketing) di 2017? Selama ini, perbincangan soal digital lebih banyak berada di seputar e-commerce dan media sosial. Namun saya melihat ada banyak perkembangan menarik, dan lompatan pesat yang akan terjadi di 2017.

Hal ini disebabkan beberapa faktor. Pertama, makin tingginya penetrasi ponsel pintar di audiensi karena pilihan yang makin beragam, dan harga yang makin terjangkau. Kedua, infrastruktur internet yang makin memadai. Pemerintah terus membangun jaringan yang cepat, dan konsumen juga sudah mulai bermigrasi ke jaringan 4G. Ketiga, munculnya berbagai macam teknologi baru, dan fitur-fitur baru yang akan mengubah perilaku konsumen. Lalu apa saja yang akan menjadi tren di 2017? Silakan simak paparan berikut ini.

 newmediadigital.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.