Buat Aplikasi Mobile Jadi Investasi Jitu Bagi Sebuah Bangunan

Kehidupan kita sehari-hari kini makin terkoneksi, nyaman, dan mudah dari sebelumnya berkat kemajuan teknologi web dan mobile. Pada saat yang sama, aplikasi mobile kini menjadi alat utama untuk menghubungkan kita dengan banyaknya informasi yang ada di inte

Info Komputer - - Expert -

Perusahaan riset Nielson menemukan bahwa dari hampir empat miliar pengguna ponsel di seluruh dunia, sebanyak 89 persen di antaranya menghabiskan waktu mereka untuk menggunakan aplikasi. Sementara sebanyak sebelas persen sisanya menggunakan ponsel untuk mengakses laman.

Aplikasi perangkat genggam ( mobile) kini makin terintegrasi dengan bangunan tempat tinggal, di mana rumah modern kini memiliki sistem yang terhubung dengan aplikasi di perangkat genggam. Pengatur temperatur, sistem pencahayaan, penguncian pintu, dan lainnya dapat diakses dari ponsel pintar kapan saja, di mana saja.

Meskipun aplikasi ini cukup umum ditemukan di gedung perumahan, masih ada hambatan yang signifikan untuk menciptakan aplikasi serupa untuk bangunan komersial dan industri. Hingga kini, belum ada satu pun solusi aplikasi yang terjangkau yang dapat mengakomodasi kerumitan bangunan komersial dan segala kebutuhannya. Perusahaan dihadapkan kepada dua pilihan sulit: menginvestasikan uang dalam jumlah besar untuk menyewa tim yang dapat merancang aplikasi yang sesuai dengan bisnis mereka, atau berkompromi dengan aplikasi yang sudah ada di pasaran yang mungkin atau tidak mungkin dapat mengatasi semua tantangan yang mereka temui.

Kini teknologi telah membuka kesempatan baru bagi para profesional di bidang fasilitas komersial – dan para penghuni bangunan – untuk membuat aplikasi mobile menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.

Menguasai Keahlian Baru

Manajer fasilitas memahami cara untuk memberikan pengalaman optimal kepada para penghuni bangunan sehingga seluruh penghuni dapat memenuhi kebutuhan mereka. Mereka menjaga ruangan tetap dingin ketika musim panas, hangat di musim dingin, memastikan pencahayaan yang cukup, memperbarui dan melacak sistem keamanan, serta mengelola penghematan energi untuk bangunan.

Namun, tanggung jawab di masa sekarang jauh melampaui hal tersebut. Pakar bangunan kini bertugas menyederhanakan dan memberikan nilai tambah dalam pelayanan untuk menciptakan kepuasan penghuni, yang merupakan cara meraih kesuksesan dalam bisnis. Karyawan yang merasa nyaman akan lebih produktif, dan produktivitas berarti kinerja perusahaan yang membaik pula.

Aplikasi mobile dapat berfungsi sebagai katalis untuk mengubah bisnis dan menciptakan pengalaman optimal bagi penghuni. Namun kebanyakan pakar bangunan pada umumnya bukanlah ahli teknologi mobile. Mendesain aplikasi mobile yang mudah digunakan dan menarik membutuhkan keahlian khusus. Tetapi kemampuan teknis untuk memonitor dan mengontrol berbagai perlengkapan gedung dari satu aplikasi merupakan tantangan tambahan yang membutuhkan keahlian yang sama sekali berbeda. Ketika pengembangan aplikasi

mobile menargetkan dua platform utama (iOS dan Android), dunia perangkat yang terhubung saat ini tidak sekonsisten itu. Seseorang

dengan keahlian dan pengetahuan untuk menggabungkan berbagai perangkat yang terhubung menjadi satu aplikasi dianggap sebagai pelopor dalam dunia Internet

of Things (IoT). Lalu bagaimana cara para profesional di fasilitas dapat menjembatani kesenjangan pengetahuan ini?

Kunci Sukses

Saat ini muncul kebutuhan akan aplikasi mobile yang relevan, mudah diciptakan, didistribusikan, digunakan dan dipelihara. Kemajuan teknologi telah memungkinkan untuk melakukan

outsourcing pengembangan aplikasi untuk menghubungkan penghuni ke bangunan mereka dan menempatkan lebih banyak kontrol ke tangan mereka. Aplikasi yang telah disesuaikan dengan

end user ini dapat mengakomodasi kompleksitas dan fleksibilitas dari bangunan komersial dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Ketika mencari cara untuk mengembangkan aplikasi yang disesuaikan dengan pengguna, ada beberapa fitur kunci yang perlu dipertimbangkan oleh para profesional di bidang fasilitas bangunan:

Desain

Carilah program yang menawarkan pre-engineered

widget di lingkungan cloud. Di dalam cloud, pakar bangunan dapat mendesain aplikasi yang dapat disesuaikan, konsisten, aman dan memiliki tampilan menarik yang dapat mengontrol dan memonitor lingkungan bangunan. Seluruh aspek pemrogaman dan kompatibilitas sistem operasi untuk perangkat diperhitungkan di belakang layar, sehingga memungkinkan pakar bangunan untuk berfokus seratus persen dalam menyediakan pengalaman terbaik bagi penghuni bangunan.

Pairing

Jika desain aplikasi dapat dilakukan di fase awal proyek, penyebaran dan pairing dengan perangkat dan layanan yang terhubung baru dilakukan pada tahap pemeriksaan dan pengujian ( commissioning). Proses pairing yang efektif dilakukan secara bersamaan ketika aplikasi diluncurkan. Setiap pengguna menerima aplikasi yang sudah disesuaikan yang terkoneksi dengan lingkungan bangunan dan terhubung dengan kebutuhan di area tersebut.

Penyebaran

Pilihan untuk menyebarkan aplikasi yang telah disesuaikan sangat fleksibel, tergantung kepada tipe penghuni bangunan yang berbeda-beda, seperti penghuni bangunan, pengunjung atau tamu, pasien (bagi rumah sakit), dan sebaginya. Penyebaran aplikasi sepenuhnya diatur oleh manajer properti yang memutuskan aplikasi mana yang akan disebarkan dan kepada siapa, tergantung kepada peranan dan kebutuhan penghuni. Penghuni dapat menerima aplikasi dengan memindai QR-code atau menerima tautan unduhan melalui e-mail.

Pemeliharaan

Memperbarui aplikasi setelah dibuat adalah proses yang cukup sederhana. Manajer properti dapat menghapus atau memperbarui aplikasi dari jarak jauh, tanpa memerlukan tindakan dari pengguna. Hal ini memastikan pengguna bisa mendapatkan pengalaman terbaik dan memberikan mereka akses ke sumber daya bangunan yang paling baru.

Keuntungan Solusi Berbasis Cloud

Jenis perusahaan dan bangunan yang bisa mendapatkan keuntungan dari aplikasi mobile hampir tidak ada habisnya. Aplikasi yang diciptakan dengan baik dapat memberikan nilai tambah pada bisnis berorientasi pelayanan yang sangat kompetitif seperti hotel, rumah sakit dan kompleks apartemen. Kini, telah ada solusi berbasis cloud untuk mendesain dan menyebarkan aplikasi yang dapat disesuaikan untuk end user yang berbeda-beda, tergantung peranan mereka. Solusi ini memungkinkan manajer bangunan untuk mengembangkan aplikasi yang memiliki tampilan menarik, dilengkapi fungsi yang serupa dengan aplikasi berkualitas yang mendominasi app store.

Berapa pun anggarannya, aplikasi perangkat genggam yang mudah digunakan dapat membuat suatu perusahaan menjadi lebih unggul. Pengalaman dan kenyamanan penghuni dapat meningkat secara drastis dan peranan manajer fasilitas bangunan dapat menjadi lebih efektif. Bahkan para profesional nonteknis dapat dengan mudah menciptakan aplikasi untuk end user dan, yang terpenting, membuat bisnis mereka menjadi lebih baik.

Aplikasi mobile dapat berfungsi sebagai katalis untuk mengubah bisnis dan menciptakan pengalaman optimal bagi penghuni.

 bidvestfacilitiesmanagement.co.za

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.