Om Telolet Om

Info Komputer - - Infomezzo -

Salah satu contoh fenomena unik yang mendadak popularitasnya begitu meroket adalah om telolet om. Mulanya, fenomena om telolet om ini hanya dikenal di area yang sempit, salah satunya terminal bus antarkota. Beberapa bus antarkota menggunakan klakson model terompet yang bunyinya mengeluarkan nada naik turun yang khas, yang jika ditirukan dengan suara mulut menyerupai “telolet”.

Bunyi klakson yang khas itu disukai oleh anakanak dan mereka sering meminta para supir bus untuk menyalakan klaksonnya. Lama-lama, anakanak ini menyadari bahwa bunyi klakson telolet tersebut makin terdengar menarik jika didengar di tepi jalan, tepat saat bus melintas di depan mereka. Akhirnya mereka mulai “menghadang” bus-bus tersebut di tepi jalan dan saat ada bus yang mendekat, mereka berteriak “Om telolet Om” sebagai kode untuk meminta supir membunyikan klakson. Tak puas dengan hanya berteriak, terkadang mereka juga membuat tulisan “om telolet om” berukuran besar dan diacungkan tinggi-tinggi ketika ada bus antarkota lewat.

Jika supir bus memenuhi permintaan mereka dan membunyikan klakson bersangkutan, mereka akan mengucapkan terima kasih yang diungkapkan dengan teriakan, tepuk tangan, atau acungan jempol. Jika supir bus mengabaikannya, bus tersebut akan disoraki.

Tak terlalu pasti di mana sebenarnya fenomena ini pertama kali muncul. Yang jelas, pada akhirnya hampir di semua lokasi yang sering dilewati bus antarkota, banyak

anak-anak yang berkerumun di tepi jalan, menanti terdengarnya suara telolet.

Akses internet yang mulai mudah dan memadai membuat beberapa orang mengambil video anak-anak yang menghadang bus hingga terdengarnya bunyi telolet tersebut, lalu kemudian mengunggahnya ke layanan video seperti YouTube.

Popularitas fenomena “Om telolet om” mulai meledak ketika beberapa orang DJ kelas dunia menuliskan tiga kata singkat tersebut di akun Twitter mereka. Barangkali mereka sedang mencari inspirasi untuk menciptakan efek suara baru ketika tanpa sengaja mereka menemukan video om telolet om tersebut.

Berawal dari tweet itu, mulailah bermunculan berbagai tweet lain tentang om telolet om sehingga akhirnya tagar #omteloletom menjadi

trending topic di Twitter selama beberapa hari.

Semenjak menjadi viral di dunia maya, banyak produk teknologi informasi bertema om telolet om bermunculan. Yang pertama adalah

game. Jika Anda masuk ke Google Play Store dan memasukkan kata kunci om

telolet om, Anda bakal menemukan banyak sekali game bertema ini di sana. Agak disayangkan, sebagian besar aplikasi atau game tersebut hanyalah menyajikan berbagai variasi suara klakson telolet saja dan kurang “menggigit” dari sisi game play.

Selain game, banyak bermunculan pula meme tentang om telolet om tersebut. Ada satu lagi yang menarik. Seorang seniman digital asal Indonesia yang sekarang bermukim di Amerika Serikat bernama Wahyu Ichwandardi (akun Twitter @pinot) membuat beberapa video yang unik dan menarik. Anda bisa mengikuti akun Twitter-nya dan mencari berbagai video tersebut di sana. Ini cukup mudah ditemukan karena selalu diberi #omteloletom.

Om telolet om menginspirasi berbagai video termasuk yang hadir di akun Twitter @pinot.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.