Empat Hal Penting Tentang Spionase Siber

Ketika mendengar kata “spionase”, yang terlintas di benak kebanyakan orang adalah film-film di era perang dingin, penyusupan ke fasilitas rahasia milik pemerintah untuk mengambil informasi sensitif dan meraih kemenangan.

Info Komputer - - Expert Says - CHENG LAI KI CyberOps Consultant, Horangi Cyber Security

TEKNIK-TEKNIK spionase tradisional ini masih eksis dan digunakan oleh para agen rahasia. Namun, seiring kemajuan di bidang teknologi informasi, seiring upaya mendigitalisasi data, muncul satu istilah baru c ber espionage atau spionase siber.

Keunggulan teknologi informasi dewasa ini terletak pada kemampuan menangkap dan menyimpan data dalam jumlah besar. Kemampuan ini berkontribusi secara langsung terhadap percepatan pengumpulan data, yang dulu merupakan langkah paling sulit dan melelahkan dalam proses intelijen. Makin banyak organisasi, baik dari sektor pemerintahan maupun swasta, mendigitalisasi data, operasi spionase dapat dieksekusi bahkan tanpa harus keluar dari gedung kantor sekalipun.

Seiring kemajuan teknologi, h perconnectivit , big data, dan advanced machine learning telah merevolusi cara sebuah organisasi beroperasi. Manfaat tersebut juga dinikmati oleh kalangan intelijen dan dalam operasi spionase. Ada empat hal utama yang harus diketahui perusahaan tentang spionase siber atau c ber espionage.

Ke depannya, langkah selanjutnya dapat diringkas dalam satu frasa, waspadalah. Organisasi dapat mencapai kewaspadaan itu dengan cara meninjau ulang strategi keamanan organisasi agar empat hal penting tadi pasti ditangani atau dialihdayakan ( outsource) kepada organisasi profesional di bidang keamanan siber yang mampu menyediakan tool dan layanan keamanan holistik untuk mengatasi kerentanan keamanan di perusahaan Anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.