Ketika AWS Melirik Indonesia

Info Komputer - - Cover Story -

Di tengah minimnya kepercayaan perusahaan global terhadap infrastruktur di Indonesia, terbetik kabar Amazon berencana membangun

data center- nya di sini. Seperti dikutip dari Tempo, Vice President Werner Vogel telah menemui Presiden Indonesia Joko Widodo terkait rencana ini. Kabarnya Amazon siap menggelontorkan Rp14 triliun dalam 10 tahun ke depan untuk membangun data

center, khususnya untuk layanan cloud mereka, AWS. Ketika InfoKomputer mencoba mengonfirmasi ulang hal ini, pihak Amazon menolak memberikan informasi lebih jauh. Namun jika rencana ini benar terlaksana, hal ini tentu saja membawa angin segar bagi iklim investasi teknologi di Indonesia. Amazon adalah penyedia layanan cloud nomor satu di dunia, sehingga “keberanian” mereka berinvestasi di Indonesia akan membuka babak baru. Bukan tidak mungkin, pesaing berat mereka seperti Microsoft atau Google juga akan mengambil langkah yang sama.

Kehadiran AWS di Indonesia juga semakin memudahkan perusahaan Indonesia mengakses teknologi terbaru. Salah satu tantangan perusahaan Indonesia saat ini adalah akses teknologi dan talenta yang terbatas (dan akhirnya mahal). Saat ini, AWS memiliki beragam solusi siap pakai dan berbasis penggunaan. Dengan kata lain, perusahaan Indonesia akan memiliki akses teknologi yang sama seperti perusahaan lain di seluruh dunia.

Ketika kesamaan akses teknologi itu terjadi, berarti perusahaan Indonesia tinggal beradu kreativitas dan inovasi dengan perusahaan di belahan dunia lain. Dengan potensi yang ada, Indonesia berpotensi menjadi pemain digital yang siap bersaing.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.