Apakah saya memerlukan kemampuan proses yang prima ( computing power), kecepatan baca-tulis tinggi (I/O), atau hanya yang sedang saja?

Info Komputer - - Cover Story -

Kebanyakan orang tidak memperhatikan hal ini ketika memilih cloud infrastruktur (IAAS) dan berfokus kepada harga yang ditawarkan oleh penyedia. Makin murah akan terlihat makin bagus di mata orang tersebut. Namun hal ini bisa menjadi bom waktu di kemudian hari, jika layanan yang disewa seseorang hanya memiliki kemampuan proses yang minim, dan juga kemampuan baca-tulis dengan kecepatan yang lambat.

Pada aplikasi seperti website, hal ini amat berpengaruh. Pasalnya penyajian data kepada pengunjung website dipengaruhi oleh hal itu, makin cepat makin baik. Tentunya biaya yang dikeluarkan oleh pengguna layanan cloud akan terbayarkan oleh puasnya pengunjung

website/ pemanfaat aplikasi yang disimpan di dalam cloud tersebut.

Biasanya, developer alias pengembang dari sebuah program yang akan diletakkan di dalam cloud kurang menyadari mengenai masalah infrastruktur ini. Pasalnya prinsip yang dianut adalah “di komputer saya bisa jalan”. Namun, kenyataannya di server produksi ( cloud) tidak jalan, atau berjalan lambat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.