BEBERAPA JENIS MAKANAN YANG MENGANDUNG PROTEIN TINGGI

Protein adalah zat yang terdiri dari satu atau beberapa residu asam amino. Protein memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup suatu organisme, yaitu sebagai pembantu reaksi metabolisme organ tubuh, membantu mengatur fungsi DNA, menanggapi rangsanga

Insight Channels - - Halaman Dapan -

GANDUM

Gandum adalah sereal yang banyak mengandung protein kacang-kacangan. Hampir setara dengan kualitas protein kedelai. Kadar protein dari gandum berkisar 12 sampai 24% tertinggi di antara sereal yang lain. Selain protein, gandum juga banyak mengandung karbohidrat serta Vitamin seperti Vitamin B1, B2, B3, B5, B9, Kalsium, Fosfor, Magnesium dan Zinc.

BERAS

Beras merupakan makanan pokok lebih dari setengah populasi di dunia. Sebuah analisis menyatakan bahwa nilai gizi yang terkandung dalam beras berbeda-beda tergantung jenisnya. Beras juga banyak mengandung vitamin B1, B2, B3, B5,B6, Magnesium, Kalsium, Fosfor, Potasium dan Zinc. Namun harus diingkat bahwa nasi merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi.

BAYAM

Bayam banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, dalam 100 gram bayam kita bisa mendapatkan diantaranya, karbohidrat sebesar 3,6 gr dan zat besi 2,71 mg. Masih banyak lagi kandungan gizi yang terdapat di dalam bayam, seperti Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin E, vitamin K, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Lemak, Potasium dan Zinc.

KACANG KEDELAI

Kedelai dianggap sebagai sumber protein yang lengkap. Protein kedelai setara dengan yang dihasilkan daging dan telur. Para ahli mengatakan bahwa produk kedelai sangat bagus untuk menggantikan produk hewani karena produk hewani biasanya cenderung lebih berbahaya karena mengandung lebih banyak lemak, terutama lemak jenuh.

KACANG POLONG

Kacang polong sangat tinggi serat. Selain itu ia juga kaya protein dan vitamin lainnya. Masakan Turki, Arab, serta Eropa Selatan juga banyak menggunakan kacang polong. Di Amerika Serikat kacang polong adalah sumber protein nabati populer dan sering menjadi makanan sehari-hari. Kacang polong yang dibekukan terbukti lebih mempertahankan gizinya.

KACANG HIJAU

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh. Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria serta menggantikan sel mati dan perkembangan sel.

BROKOLI

Brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin C dan serat. Brokoli berguna untuk perbaikan DNA dalam sel yang digunakan untuk membunuh sel kanker dalam tubuh. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dikukus. Karena vitamin dan nutrisi yang dikandung didalamnya tidak hilang selama proses pemasakan.

ALMOND

Almond adalah makanan padat nutrisi dan merupakan sumber yang kaya Vitamin E. Alomnd juga kaya akan serat, Vitamin B, mineral penting seperti magnesium, kalsium, dan kalium serta lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Almond merupakan jenis kacangkacangan yang layak dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh.

BIJI BUNGA MATAHARI

Biji bunga matahari yang biasa kita sebut kuaci, ternyata juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain protein, biji bunga matahari juga banyak mengandung karbohidrat, vitamin, dan zat-zat berguna lainnya. Seringkali kita mengkonsumsi biji bunga matahari ini sebagai camilan sambil melakukan kegiatan lain.

DAGING DOMBA MUDA

Daging domba lebih kaya protein, fosfor, zat besi, dan vitamin B1 serta beberapa nutrisi lainnya apabila dibandingkan dengan daging kambing. Daging domba merupakan salah satu jenis daging merah yang sarat akan nutrisi dan aman untuk dikonsumsi. Daging domba bertekstur empuk dan baunya tak begitu menyengat dibanding daging kambing.

IKAN

Ikan terdiri dari ikan air tawar dan ikan laut. Keduanya adalah makanan sumber protein yangsangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Macam-macam ikan mengandung jumlah lemak yang bervariasi, ada yang lebih berlemak dan ada yang kurang berlemak. Unsur lain yang terdapat dalam ikan adalah protein, beragam vitamin, dan mineral.

DAGING SAPI

Daging sapi sangat disukai karena mempunyai gizi tinggi dan juga rasanya yang enak serta gurih. Tidak hanya itu saja, daging sapi juga bergizi tinggi sehingga bermanfaat bagi tubuh manusia. Beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam daging sapi adalah zat besi, selenium, Vitamin B kompleks, Vitamin D, Zinc dan juga Omega 3.

DADA AYAM

Bagian dada ayam memiliki asam amino yang tinggi. Karena dada memiliki sumber protein banyak dengan sedikit lemak. Biasanya dada ayam dianjurkan untuk Anda yang sedang membentuk otot, karena lemak pada ayam banyak terdapat pada sayap dan paha. Lagipula dengan harganya yang murah membuat dada ayam menjadi pilihan favorit.

TUNA

Ikan Tuna merupakan jenis ikan laut yang memiliki daging berwarna merah dan putih. Ikan tuna merupakan sumber penghasil asam lemak Omega 3. Selain itu ikan tuna mengandung banyak sekali protein. Selain omega 3 dan protein dalam diri ikan tuna juga mengandung Vitamin A dan Vitamin D, Kolin, Kalsium, Fosfor, Magnesium, serta Zinc.

TELUR

Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik di bumi. Kandungan protein telur sangat mudah dicerna. Selain itu, hampir tidak ada lemak tak jenuh di dalamnya, sehingga kita bisa mendapat seluruh protein darinya. Dan juga kandungan kalori dalam telur juga sangat rendah. Selain itu telur mengandung Vitamin A, B2, B6, B9, B12, Kolin, Kalsium & Zinc.

SUSU SAPI

Susu sapi diketahui memiliki jumlah kalsium paling banyak dan memiliki kandungan protein dua kali lipat dibanding jenis susu lainnya. Jenis susu sapi ada dua yaitu whole dengan kandungan kalori dan lemak total yang lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi skim. Kandungan gizi dalam susu sapi sangat ampuh sebagai penambah berat badan.

SUSU KAMBING

Kandungan proteinnya tinggi, susu kambing sangat baik untuk pertumbuhan dan pembentukan jaringan tubuh. Ia merupakan sumber protein yang murah tetapi bermutu tinggi. Rantai asam lemak susu kambing lebih pendek dibanding susu sapi sehingga lebih mudah dicerna dan diserap sistem pencernaan manusia. Kandungan asamnya mampu menghambat infeksi.

KEJU

Keju adalah makanan yang berasal dari susu yang diolah dengan berbagai macam rasa dan bentuk. Nilai gizi dari keju itu sendiri berbeda-beda. Kandungan kalsium yang terdapat dalam 100 gram keju adalah sebesar 200 mg. Keju juga baik untuk menjaga kesehatan gigi, pertumbuhan, mencegah Osteoporosis, mencegah Kanker, dan juga Diabetes Tipe 2.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.