58th Annual Grammy Awards

Insight Channels - - Halaman Dapan -

Ajang Grammy Awards kembali hadir di layar kaca Anda secara langsung di channel Star World pada tanggal 16 Februari 2016 pukul 21:00 WIB. Ajang penghargaan bergengsi ini telah mengakui prestasi blantika musik dunia selama 54 tahun. Mereka adalah satusatunya penghargaan dalam industri rekaman yang tidak memperhitungkan penjualan album akun atau posisi grafik, seperti yang dinyatakan di situs Grammy Awards. Menurut Billboard, tahun ini Grammy Awards menjanjikan beberapa kejutan buat penggemar musik.

Billboard melaporkan bahwa Chris Stapleton, dinominasikan dalam kategori Album of the Year, untuk solo album perdananya yang bergenre country, Traveller. Ia sendiri dikabarkan salah menonton channel TV ketika pengumuman nominasi tersebut dibacakan. Stapleton bercerita bahwa ketika itu saudara perempuannya masuk ke ruangan sambil berteriak, “Selamat!”. Akan tetapi, Stapleton tidak ingin merayakan pencalonannya tersebut, karena dia sedang sibuk syuting video musik terbarunya, untuk lagu yang masih ia rahasiakan.

Berbeda dengan Taylor Swift, sangat tidak mengherankan bahwa Taylor Swift memperoleh tujuh nominasi tahun ini. Salah satunya adalah untuk lagu Blank Space, dan yang lain adalah untuk studio albumnya yang kelima, 1989, yang terjual lebih dari 1.287.000 kopi di Amerika hanya dalam waktu tujuh hari lamanya.

Rekornya tersebut hanya dapat dikalahkan oleh Adele yang baru saja merilis album 25, yang terjual melebihi dari jumlah yang dimiliki Taylor Swift, hanya dalam beberapa hari saja. Sayangnya, prestasi fenomenal Adele tidak akan diakui tahun ini. Menurut E! online, album ini terlambat dirilis untuk dipertimbangkan masuk ke salah satu nominasi. Namun demikian, Adele pasti akan masuk di Grammy Awards selanjutnya.

Rapper asal Los Angeles Kendrick Lamar dinominasikan untuk 11 penghargaan. Menurut The New York Times, album Lamar, To Pimp a Butterfly, adalah salah satu yang paling disukai dan sangat populer tahun ini. National Academy of Recording Arts and Sciences mengumumkan bahwa album ini berhasil menyabet sembilan penghargaan. Album ini dikatakan kaya dengan tema identitas ras kulit hitam dan berbagai konflik sosial di Amerika. Lagu hits Lamar, Alright, juga dinominasikan untuk Song of the Year.

Lamar baru-baru ini berbicara kepada The New York Times tentang keberhasilannya. Tampaknya ia tidak sabar dalam menantikan ajang bergengsi ini, karena ia sendiri yakin bahwa Grammy Awards merupakan bagian dari tonggak sejarah dalam dunia hiburan. Mengenai nominasi yang didapatkannya, ia menyatakan bahwa ia ingin memenangkan semuanya. Karena itu bukan hanya pernyataan untuk diri saya sendiri, tapi itu sebuah pernyataan untuk kebudayaan.

Artis genre hip hop ini memang memegang nominasi

terbanyak dari semuanya, bahkan mengalahkan seorang Taylor Swift, yang meraih tujuh nominasi untuk tahun ini. Dengan demikian, ia akan bersaing dengan album “1989” bersama dengan The Weeknd’s “Beauty balik Madness”, Alabama Shakes ‘”Sound + Color” dan Chris Stapleton “Traveller,” untuk Album of the Year. Lagu Kendrick “Alright” juga akan melawan Ed Sheeran “Thinking Out Loud”, Taylor Swift “Blank Space”, Little Big Town “Girl Crush” dan Wiz Khalifa “See You Again” untuk kategori Songwriter.

Nominasi untuk 2016 Grammy Awards tidak semua tentang kejutan, karena ada juga beberapa snubs. CBS News melaporkan ada beberapa orang yang tidak dicalonkan, meskipun keberhasilan musik mereka terbukti pada tahun ini. Diantaranya adalah Fetty Wap, rapper muda dari Paterson, New Jersey, terkenal karena lagu hit-nya, Trap Queen. Ia terabaikan dengan tidak masuk nominasi Best New Artist penghargaan, adalah hal yang aneh.

Penyanyi Kanada Aubrey Drake Graham, yang lebih dikenal dengan sebutan Drake, mengalami sedikit kejutan dan snubs. Seharusnya, lagu hitsnya, Hotline Bling, tidak memperoleh cukup waktu untuk masuk ke dalam nominasi. Menurut Forbes,

Drake tidak pernah memasukkan lagunya tersebut untuk dipertimbangkan dalam ajang Grammy Awards. Karena lagunya tersebut merupakan kejutan di tahun 2015, banyak yang percaya harus masuk ke dalam nominasi. Forbes berspekulasi bahwa Drake percaya itu mungkin menghambat peluangnya memenangkan penghargaan, karena dia telah terlebih dahulu mengajukan lagu lainnya untuk dipertimbangkan.

CBS juga melaporkan bahwa Beyonce tidak menerima nominasi untuk pertama kalinya, sejak 2004. Begitu juga dengan Madonna yang telah merilis Rebel Heart. Single Rihanna, Fourfiveseconds, juga tidak masuk nominasi tahun ini.

DI antara nama-nama besar, terselip nama musisi jazz termuda Indonesia di 2 kategori, Joey Alexander. Dua kategori itu adalah Best Jazz Instrumental Album untuk album solo debutnya, My Favorite Things (2015), dan Best Improvised Jazz Solo untuk lagu berjudul “Giant Steps” dari album tersebut.

Merujuk ke situs resmi Grammy Awards, www.grammy.com, dalam kategori Best Jazz Instrumental Album, anak laki-laki berkacamata tersebut bersama albumnya bersaing dengan empat artis musik lain yang membawa album masing-masing. Mereka adalah Terence Blanchard featuring The E-collective dengan album Breathless, Robert Glasper & The Robert Glasper Trio dengan Covered: Recorded Live At Capitol Studios, Jimmy Greene dengan Beautiful Life, dan John Scofield dengan Past Present. Sementara itu, dalam kategori Best Improvised Jazz Solo, ia berhadapan dengan Christian Mcbride, Donny Mccaslin, Joshua Redman, dan John Scofield. Dengan pencapaian ini, Joey adalah pianis jazz pertama dari Indonesia yang menjadi nominasi untuk Grammy Awards.

Joey meraih ketenaran lewat Youtube. Semuanya bermula dari media sosial Youtube. Musisi kelahiran Bali itu mengembangkan bakat bermusik yang didapatnya sejak usia 6 tahun lewat Youtube. Dengan rutin, Joey menonton idola-idolanya seperti Bill Evans, Herbie Hancock dan Wynton Marsailis. Usai menonton, dirinya pun langsung mempraktekkan kepada keyboard

kecil hadiah ayahnya. Video unggahan berjudul ‘Sons of the Future’ 2013 adalah cikal bakal nama Joey Alexander terpampang di halaman terdepan surat kabar New York Times tahun 2014 dengan sebutan ‘Jazz Virtuoso’.

Joey Alexander belajar bermain alat musik secara otodidak, dan itu ia lakoni semenjak dirinya berusia 6 tahun. Ketika umurnya menginjak 9 tahun, bocah yang lahir di Bali pada 26 Juni 2003 tersebut telah berhasil menyebet gelar penghargaan Grand Prix dalam sebuah ajang musik jazz Master-jam Fest yang dihelat di Ukraine. Dalam kompetisi tersebut, Joey Alexander bersaing dengan 42 musisi yang berasal dari 17 negara.

Bocah bernama asli Josiah Alexander Sila itu pertama kali dikenal oleh publik pada Desember 2011 silam, saat dirinya mendapatkan undangan

dari UNESCO untuk bermain piano secara tunggal atau sendiri. Dalam acara tersebut dihadiri oleh salah seorang musisi jazz legendaris asal Negeri Paman Sam, Amerika, yang bernama Herbie Hancock. Setahun sesudah itu, Joey Alexander menunjukkan eksistensinya bersama dengan grup-nya dalam acara Java Jazz Festival.

Golden Globe 2016 akan hadir dengan 14 kategori perfilman yang meliputi; Film Drama Terbaik, Film Komedi Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Drama Terbaik, Aktris Komedi Terbaik, Aktor Drama Terbaik, Aktor Komedi/ Musikal Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Penulis Skenario Film Terbaik, Film Animasi Terbaik, Original Soundtrack Terbaik, Original Scoring Terbaik, dan Film Asing Terbaik.

Dari ke-14 kategori tersebut, masing-masing

kategori memiliki 5 nominasi yang nantinya hanya akan terpilih 1. Salah satu yang paling dinantikan dalam setiap ajang perfilman adalah kategori Film Terbaik. Untuk Golden Globe, kategori tersebut dipecah menjadi 2, dimana ada film drama dan komedi.

Untuk kategori Film Drama Terbaik, 5 film bersaing dengan ketat; Carol, Mad Max: Fury Road, The Revenant, Room, dan Spotlight. Menariknya, Mad Max: Fury Road dan The Revenant adalah 2 judul yang cukup ‘nyentrik’ dibanding 3 nominator lainnya. Sedangkan untuk kategori Film Komedi Terbaik ada The Big Short, Joy, The Martian, Spy, dan Trainwreck. Dan ya, adventure Scifi seperti The Martian menjadi cukup mencolok di kategori tersebut.

Kepiawaian Lady Gaga di bidang musik tidak diragukan. Terbukti penyanyi fenomenal ini sudah beberapa mengantongi piala Grammy. Tapi siapa sangka pemilik nama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta ini juga

jago berakting. Kemampuan aktingnya terbukti dengan masuknya nama wanita kelahiran New York, Amerika Serikat, 28 Maret 1986 ini di salah satu ajang penghargaan bergengsi untuk film dan televisi, Golden Globe Awards 2016. Lady Gaga masuk nominasi untuk kategori Best Performance by an Actress In A Mini-series or Motion Picture Made for Television berkat aktingnya di serial televisi, American Horror Story: Hotel.

Cecil B. Demille Award adalah penghargaan khusus yang diberikan HFPA setiap tahun di ajang Golden Globe Awards, kepada insan yang dianggap memberi pengaruh besar dalam dunia hiburan. Penghargaan Cecil B. Demille Award tahun 2016 akan diberikan pada aktor yang telah mengantongi dua piala Golden Globe ini. Adalah aktor kawakan Denzel Washington, yang akan menerima penghargaan untuk prestasi dan dedikasinya sepanjang berkarier di dunia film tersebut.

Dengan menerima Cecil B. Demille Award, ia kini bergabung dengan namanama terkenal, seperti George Clooney, Jodi Foster, Robert De Niro, Steven Spielberg, Harrison Ford, dan lainnya.

58TH ANNUAL GRAMMY AWARDS 16 Februari 2016 Selasa, 21.00 WIB

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.