Desain

Desain “Wearable Tech”: Kolaborasi Desain, Asesoris, Gaya Hidup, dan Teknologi

Intisari - - Daftar Isi - MENDIOLA Brand Experience Designer

@mendioladesign Mendiola@mendioladesign.com

Semakin kecil dan canggih, teknologi komputer kini disematkan dalam berbagai peranti yang menjadi bagian kehidupan manusia seharihari. Tak terkecuali perhiasan.

Teknologi selalu mencari cara agar dapat diterima masyarakat. Untuk itu teknologi memerlukan pemikiran desain agar mudah masuk dan melebur dalam kegiatan manusia sehari-hari. Teknologi yang baik tanpa desain yang baik akan sulit sekali untuk diterima. Demikian pula dengan desain, akan sulit mengalami kebaruan tanpa teknologi baru yang dapat diadopsinya. Desain harus memperhitung- kan banyak sisi manusia untuk dapat memanfaatkan teknologi secara tepat guna.

Teknologi mikrocip yang semakin kecil dan teknologi nirkabel yang semakin canggih memungkinkan disematkan pada banyak peranti masa kini. Jika pada masa lalu desain komputer terkesan hanya sebuah kotak hitam atau putih dengan layar monitor dan papan ketik, kini komputer menjadi semakin abstrak karena melebur dalam peranti seharihari. Digitalisasi menjadi jawaban bagi banyak peranti untuk menjadi “asisten” manusia dalam memudahkan hidupnya atau sekadar memaknai hidupnya.

Dengan sentuhan desain, komputer saat ini telah menjadi ikon gaya hidup. Teknologi digitalisasi

yang berkembang membuat komputer mungkin ditampilkan dalam bentuk yang kontemporer, populer, dan dapat dikenakan sehari-hari sebagai aksesori fashion hingga perhiasan ( jewelery).

Belum lama ini Apple mengumumkan akan meluncurkan Apple watch ke pasaran tahun depan. Dengan desain yang “sleek” dan minimalis sebagai ciri khasnya, Apple mencoba menjawab kebutuhan fashion yang lebih terdepan dengan dilengkapi teknologi yang canggih. Salah satu variannya dilengkapi baluran emas 18 karat sebagai lambang kesempurnaan perhiasan. Sementara itu kompetitornya, Samsung, juga akan mengeluarkan Samsung Gear S Smartwatch dengan LCD lengkungnya dan teknologinya bersaing.

Dalam ajang Berlin IFA Consumer Electric Show beberapa waktu lalu, sempat diluncurkan cincin digital yang mampu memberi notifikasi getar dan visual ketika ada pesan untuk penggunanya. Produsen Sony mengeluarkan smart band yang mampu mencatat langkah hingga kualitas tidur penggunanya. Alat ini juga mampu mengingatkan bila pemakai terlalu jauh dari handset- nya (yang berarti telah tertinggal).

Produsen lain sepert Jawbone mengeluarkan produk sejenis dengan tipe UP24, juga Nike dengan Nike+fuelband, dan Fitbit dengan Flex-nya yang juga menyasar penggila olahraga.

Tren teknologi aksesori memang mencoba menjawab kebutuhan manusia dalam memudahkan pencatatan “health report” dan menganalisisnya di komputer. Untuk ke depannya akan semakin banyak aksesori lengkap dengan apps dan sensor device yang akan membantu manusia mengetahui keadaan kesehatannya. Di sisi perhiasan ( jewelery) yang dulu hanya diciptakan sebagai simbol status penggunanya akan lebih dilengkapi teknologi digital yang memberikan nilai tambah bagi penggunanya. Jadi mungkin saja dalam waktu dekat di dalam anting, kalung dan cincin perkawinan Anda kelak akan ada mikrocip dan aplikasi program.

Apple watch berlapis emas

18 karat.

Cincin digital, “asisten” manusia di masa depan.

Samsung Gear S Smartwatch

Nike+fuelband

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.