Jangan lebih dari 20%

Intisari - - Jeda -

Salah satu prinsip dasar dalam mengelola investasi adalah melakukan diversifikasi. Prinsipnya, jika Anda punya dana Rp100 juta, maka sebarlah dana tersebut ke beberapa aset yang berbeda dengan tujuan untuk meminimalkan risiko investasi.

Nah, untuk itu kita harus merencanakan komposisi instrumen investasi yang akan kita ambil. Misalnya, 60% diinvestasikan di properti, 30% di surat berharga, dan 10% untuk lain-lain. Alasannya karena properti dan surat berharga merupakan instrumen investasi yang paling ia kuasai dan paling menguntungkan baginya.

Jadi saat orang memutuskan untuk investasi besar di batu akik, dia harus benar-benar memahami tentang batu akik. Misalnya, mulai dari bagaimana perkembangan batu akik dari dulu hingga sekarang, apa saja jenisnya, cara menilai mutunya, hingga tempat dan cara menjualnya.

Ruben menyarankan, jika kita masih penasaran untuk mencoba berinvestasi dengan baru akik, sebaiknya jangan lebih dari 20% dari total kekayaan kita. “Misal aset kita Rp2 miliar, lalu beli batu akik Rp20 juta, ya udah merem aja,” canda Ruben.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.