TENTANG MENSTRUASI

Intisari - - Fit - (Esra Dopita)

Meskipun wajar terjadi setiap bulan, ternyata masih banyak faktafakta yang mungkin belum diketahui oleh kaum hawa tentang menstruasi. Berikut, beberapa hal yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog di University of Bath, mengungkapkan, kram perut, rasa nyeri, mood swing, dan sebagainya, membuat sejumlah wanita menjadi bodoh selama menstruasi. Penyebabnya, rasa nyeri saat menstruasi dapat mengurangi fungsi kognitif dan konsentrasi wanita.

Selama masa menstruasi kebanyakan wanita senang mengonsumsi makanan yang manis atau mengandung gula. Padahal hal ini tidak disarankan, karena justru dapat menambah rasa sakit. Perbanyaklah sayur dan buah menjelang masa menstruasi agar tidak terlalu menimbulkan nyeri.

Di hari pertama menstruasi, beberapa wanita mengeluh atau merasa khawatir ketika banyak darah yang keluar. Padahal, rata- rata, wanita kehilangan darah selama masa menstruasi tidak lebih dari satu cangkir atau beberapa sendok teh saja.

Sekitar 70% dari wanita menggunakan pembalut ketika menstruasi sehingga diperkirakan dapat menggunakan hampir 11.400 pembalut dalam hidupnya. Wanita juga diperkirakan menghabiskan sekitar 3.500 hari untuk menstruasi dalam hidupnya. Selain itu, wanita juga disarankan untuk mengganti pembalut setiap dua hingga empat jam sekali demi menghindari daerah intim dari kelembaban yang berlebihan.

Ada berbagai mitos di antaranya dilarang mencuci rambut atau keramas selama menstruasi karena dapat mempercepat menopause dan menyebabkan kanker. Padahal, larangan tersebut tidak memiliki penjelasan secara medis atau ilmiah. Sebetulnya, ketika menstruasi wanita sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan, salah satunya mencuci rambut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.