Di AS, 6.000 Perpustakaan Sudah Terhubung

Intisari - - Daftar Isi -

Setiap koleksi perpustakaan baik cetak maupun digital dalam sebuah institusi di Indonesia biasanya ekslusif alias tidak terbuka untuk umum. Padahal koleksi seperti karya ilmiah hasil penelitian banyak berguna bagi pembaca di Indonesia. Hal ini tentu disayangkan, karena banyak perpustakaan di luar negeri sudah membuka akses karya ilmiah dalam bentuk full text (dalam format PDF) secara gratis.

Sebut saja perpustakaanperpustakaan di Singapura dan AS. Di sana, kita dapat mengakses seluruh koleksi digital perpustakaan secara gratis, dengan syarat tidak boleh dicetak dan dikopi. Jika buku yang kita cari tidak ada di perpustakaan itu, maka dengan layanan inter-library, perpustakaan dapat mendatangkan buku tersebut dari perpustakaan lain. Di AS, kekayaan informasi yang ditawarkan tidak sedikit. Kita dapat mengakses informasi dari 6.000 perpustakaan yang tersebar di seluruh daerah di Amerika Serikat.

Indonesia sebenarnya memiliki portal pencarian data jurnal yang sempat popular. Ada garuda.dikti. go.id, portalgaruda.id, dan Indonesian Scientific Journal Database (ISJD). Namun ketiganya hanya mengindeks data untuk jurnal saja, bahkan garuda. dikti.go.id sudah tidak aktif lagi. Hal ini tentu membuktikan bahwa Indonesia masih memerlukan portal pencarian yang memudahkan penggunanya untuk mengindeks seluruh jenis koleksi digital perpustakaan. Selain itu, dibutuhkan pula portal yang kaya informasi dan mudah diakses dengan mobile device yang paling banyak digunakan saat ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.