Bebas Akses Mata Kuliah Online

Intisari - - Daftar Isi -

Ada kabar gembira bagi dunia pendidikan khususnya bagi mahasiwa. Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Binus University membuka kelas online untuk berbagai mata kuliah. Kelas ini dapat diakses oleh mahasiswa aktif seluruh Indonesia di luar kelima universitas itu.

Program ini disebut Program Pembelajaran Daring Terbuka dan Terpadu (PDITT) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Setiap universitas yang tergabung dalam PDITT menyediakan kelas online yang membebaskan mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk menimba ilmu di dalamnya.

Hal ini merupakan langkah yang sangat baik bagi perguruan tinggi negeri dalam memulai sistem pembelajaran daring. Program yang dimulai sejak 2014 ini sangat membantu mahasiswa untuk memperoleh beragam pelajaran dari dosen kampus lain.

Misalnya, seorang mahasiswa jurusan teknik sipil di Universitas Sriwijaya, akan mengambil mata kuliah tertentu di semester tiga. Mahasiswa tersebut dapat memilih untuk mengikuti kelas reguler di kampusnya atau kelas online di universitas yang menyediakan program PDITT.

Jika kampus asal mengizinkan untuk mengikuti kuliah online di kampus tersebut, mahasiswa tinggal mendaftarkan diri melalui situs web PDITT. Selama satu semester mahasiswa tersebut akan mengikuti perkuliahan, diskusi, kuis, ujian tengah semester, dan ujian semester secara online. Di akhir perkuliahan, nilai akan diberikan dan diserahkan kembali ke kampus asal. Sehingga nilai mata kuliah online itu yang masuk untuk penghitungan indeks prestasi (IP) mahasiswa.

Jangan khawatir mengenai keabsahan sertifikat dan transkrip nilainya, karena diakui oleh DIKTI dan dapat digunakan untuk kepentingan akademik di perguruan tinggi masingmasing.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.