Sistem

Intisari - - PERSONAL FINANCE -

Selain harus mengetahui tentang aturan, para pelancong sebenarnya diharapkan membeli asuransi perjalanan berdasarkan kebutuhan. Ini mengingat asuransi perjalanan meliputi banyak hal. Mulai dari hal mendasar, seperti kesehatan, keamanan dan kenyamanan selama di pesawat hingga keselamatan selama perjalanan. Misalnya soal risiko kecopetan. Dari sejumlah manfaat itu, maka asuransi perjalanan amat berguna meski pemegangnya tidak memiliki penyakit kronis.

Saat ini banyak produk asuransi perjalanan yang ditawarkan dengan harga yang variatif, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Harga terkait dengan tujuan perjalanan, lama perjalanan, dan paket asuransi yang diambil. Misal mengambil paket VIP, Anda bisa mendapatkan semua perlindungan dengan ganti rugi lebih dari 100%. Namun tentu harganya juga tidak murah.

Asuransi perjalanan ACA misalnya, untuk kelas VIP dengan perjalanan worldwide mengenakan biaya AS$20 untuk satu hingga empat hari perjalanan. Sementara itu, untuk Asia dengan kelas VIP sebesar AS$13 untuk satu hingga empat hari perjalanan. Untuk perjalanan domestik dengan kelas Nusantara Satu dikenakan biaya sebesar Rp 28 ribu untuk satu hingga empat hari perjalanan dan Rp 45 ribu untuk kelas Nusantara Dua.

Pembeli juga perlu memperhatikan sistem dari asuransi itu. Sugiarto menjelaskan, umumnya sebagian besar asuransi perjalanan di Indonesia menggunakan sistem reimburse.“Wisatawan membayar terlebih dahulu dan ketika kembali ke Indonesia langsung di- reimburse,” kata Sugiarto.

Pencairan klaim pun berbedabeda, tergantung peristiwa yang dialami. Untuk klaim biaya medis memerlukan waktu sekitar 14 - 30 hari dengan persyaratan surat keterangan sakit dari rumah sakit, bukti pembayaran, polis asuransi, tiket pesawat pulang pergi, dan paspor. Sedangkan, untuk klaim travel inconvenience atau ketidaknyamanan memerlukan waktu sekitar 14 hari dengan persyaratan di antaranya, surat kehilangan barang dari kepolisian setempat, tempat penginapan, dan bandara.

Terakhir, yang perlu diketahui, asuransi ini berlaku untuk satu kali perjalanan dan bersifat hangus. Artinya, jika selama perjalanan Anda tidak mengalami musibah apa pun, maka asuransi yang sudah dibeli secara otomatis hilang atau hangus. Dan memang itu yang tentunya kita harapkan bukan?

S

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.